Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Ternak Kroto

2 min read

Cara ternak kroto

Yang dikembangkan Kroto atau Rangrang? Nonaternak akan membahas cara budidaya semut Rangrang untuk menghasilkan Kroto. Kroto adalah jenis makanan untuk burung peliharaan yang terkadang juga sering digunakan sebagai umpan ikan ketika memancing. Cara ternak kroto adalah dengan budidaya semut rangrang yang biasanya semut rangrang ini merupakan semut pengganggu. Semut rangrang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan kroto dengan cara budidaya semut rangrang yang mudah.

Pada umumnya, ternak kroto modern sekarang bisa dilakukan di rumah sendiri dengan menggunakan toples khusus sebagai tempat pemeliharaan. Melakukan budidaya kroto rumahan dapat menguntungkan apabila anda bermaksud untuk menjual kroto kepada para pemelihara burung. Tentunya, bisnis ternak kroto modern dapat memberikan untung yang lumayan besar. Ini dia cara ternak kroto atau semut rangrang.cara ternak kroto

Cara Ternak Kroto

Cara ternak  yang paling sering dilakukan orang-orang adalah dengan cara budidaya semut rangrang tanpa ratu. Karena mengambil ratu dari suatu koloni begitu sulit untuk dilakukan dan berpotensi merusak koloni semut bila diambil paksa. Berikut ini adalah cara budidaya semut rangrang tanpa ratu yang sering digunakan pada ternak kroto modern :

1. Cari Bibit Semut Rangrang yang Baik

Semut rangrang terdiri dari ratusan bahkan ribuan semut pekerja yang di antaranya ada yang berkelamin betina dan ada calon ratu. Semut pekerja sering terlihat di pohon-pohon mangga, anda bisa mengambil bibitnya disitu. Berhati-hatilah agar tidak merusak sarang semut rangrang, setelah mendapati bibitnya, langsung diletakkan di tempat aman agar tidak bepergian.

Cara ternak kroto yang dapat menguntungkan bisa dengan langsung membeli bibit semut rangrang unggul dari penyedia bibitnya. Bibit semut rangrang yang unggul dapat menghasilkan jenis kroto yang bagus dan dalam jumlah banyak. Pilihlah bibit semut rangrang yang sudah dipastikan pemeliharaannya terjamin bagus.

2. Cara Membuat Kandang Semut Rangrang / Media Kroto

Sediakan beberapa toples berbahan plastik mika yang akan digunakan sebagai kandang semut, lalu buat lubang di bagian ukuran ujung jari di dekat tutup toples. Setelah meletakkan bibit semut rangrang di dalam toples, balikkan toples dengan keadaan terbalik, lalu susun di atas rak berbahan triplek. Toples-toples ini digunakan sebagai tempat berkembang biak semut dalam budidaya kroto rumahan.

3. Pakan Ideal untuk Semut Rangrang

Cara ternak kroto yang sukses adalah dengan memberikan pakan protein dan nutrisi yang tepat untuk semut rangrang. Anda bisa memberikan beberapa jenis serangga seperti ulat, jangkrik, cacing, dan lain-lain, untuk nutrisinya bisa dengan memberikan 240 ml air yang dicampur 1 sdm gula. Ini adalah cara ternak semut rangrang untuk pemula yang mudah dilakukan di rumah.

4. Cara Ternak Kroto / Cara Budidaya Semut Rangrang

Cara ternak semut rangrang untuk pemula yang harus diperhatikan adalah dari segi pemeliharaannya, jangan terlambat memberi makan. Beri makan 2 kali sehari, lalu pastikan sarang semut di ruangan bersikulasi udara yang baik dan aman dari hewan-hewan pemakan semut. Budidaya semut rangrang tanpa ratu akan melahirkan calon ratu baru setelah berkembang biak dengan baik.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Kroto

Yang menyebabkan budidaya kroto rumahan pada dasarnya mulai dari pemilihan bibit semut rangrang yang kurang bagus. Sehingga tidak dapat menghasilkan kroto seperti yang diharapkan, bahkan semut-semut sering banyak yang mati sebelum panen. Karena kurang memeliharanya dengan baik. Seperti penempatan sarang semut yang kurang baik, cara ternak semut rangrang untuk pemulan harus diperhatikan pada jenis sarang yang dibuat.

6. Harga Kroto, Harga Bibit Kroto dan Harga Semut Rangrang

Cara ternak kroto yang dapat menguntungkan adalah menetapkan harga jual yang tepat setelah panen kroto empat hingga enam bulan pemeliharaan. Kroto untuk makanan burung dapat dijual kisaran Rp. 15.000 per bungkus atau per kilonya mencapai Rp. 50.000. Sedangkan bibit semut rangrang yang telah berkembang biak dapat dijual kisaran Rp. 25.000 – Rp.300.000 tergantung jumlah dan keunggulan bibit.

 

Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Budidaya Artemia

Alvin Dwi Reza
3 min read

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *