Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Ternak Kenari

2 min read

cara ternak kenari

Serinus Canaria atau dikenal dengan burung kenari adalah jenis burung yang paling banyak dipelihara. Baik dengan cara ternak sistem koloni atau pun cara ternak kenari di dalam rumah. Burung kenari sangat menguntungkan jika dipelihara. Harganya relatif tetap dengan penggemar yang terus bertambah. Banyak pecinta dan pebisnis mencari tahu cara ternak kenari yang tepat, sehingga Nonaternak coba berbagi tentang ini.

Burung satu ini memang tergolong mudah untuk dibudidayakan. Cara ternak kenari pemula juga sangatlah mudah. Selain memiliki bentuk cantik dengan bulu indah, kenari memiliki kicauan indah. Cara budidaya kenari mudah karena dapat hidup di iklim tropis seperti Indonesia ini. Hal tersebut sangat menguntungkan karena mempermudah cara beternak kenari pemula.Cara Ternak Kenari

Cara Ternak Kenari

Dalam beternak kenari sendiri dikenal beberapa cara, baik itu dengan cara ternak kenari sistem koloni, cara ternak kenari di dalam rumah, ataupun cara ternak kenari pemula. Dibawah ini saya akan ulas bagaimana cara beternak kenari yang baik beserta dengan cara budidaya kenari dan harga kenari itu sendiri :

1. Memilih Anakan Kenari Berkualitas

Jika Anda ingin membudidayakan burung kenari, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menyiapkan bibitnya. Anda haruslah jeli dalam memilih bibit yang berkualitas. Di pasaran sendiri, bibit burung kenari ini dikenal dengan bibit impor dan juga bibit lokal. Harganya pun pastinya bervariasi.

Pemilihan bibit ini sebenarnya tergantung Anda, terlepas dari tujuannya hanya untuk memelihara ataupun menjadi peluang bisnis. Kenari impor adalah kenari yang dikembangbiakkan di luar negeri, sedangkan yang lokal dikembangbiakkan di Indonesia. Harga keduanya tergantung dari kuliatas burung itu sendiri seperti kualitas kicauan dan kesehatan.

2. Sangkar Kandang Ternak Kenari

Dalam cara beternak kenari yang baik, kandang juga menjadi hal yang penting. Dalam memilih ukuran kandang bagi peliharaan tentunya yang pertama harus diketahui dulu ukuran dari peliharaan itu sendiri. Jika ukurannya besar, maka ukuran kandang pun harus besar pula. Begitupun sebaliknya, jika peliharaan kecil ukuran kandangnya pun tidak perlu yang terlalu besar.

Untuk burung kenari sendiri, pastikan kandang nyaman. Jauhkan dari gangguan predator, keramaian yang mengancam keselamatan. Tempatkan kandang ditempat yang strategis, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Pastikan juga selalu membersihkan kandang secara berkala. Pembersihan ini berlaku baik untuk cara ternak kenari sistem koloni ataupun lainnya.

3. Pakan Kenari yang Bagus biar Gacor

Sebagai pemakan biji-bijian, kenari ternyata pemakan serangga. Bagi Anda yang masih bingung mau memberi pakan terbaik bagi kenari, saya akan membagikan beberapa pakan terbaik. Yang pertama adalah telur semut rangrang, pakan ini bisa meningkatkan stamina dan kualitas kicauan kenari. Makanan ini mudah diperoleh, sehingga mempermudah cara budidaya kenari.

Selain itu burung kenari juga bisa diberi pakan seperti telur burung puyuh yang telah direbus. Telur puyuh ini sangat kaya akan protein dibandingkan telur unggas yang lain. Pemberian pakan telur ini akan membuat kenari cepat gacor dan ngerol lebih lama. Pemberian telur puyuh ini banyak dilakukan dalam cara ternak kenari di dalam rumah.

4. Cara Ternak Kenari di Dalam Rumah Pemula

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai pemula dalam beternak burung kenari ini, yaitu dengan cara beternak kenari sistem koloni ataupun pelihara di rumah. Adapun yang harus dipersiapkan tergantung dari bagaimana cara beternak yang diinginkan. Beberapa cara bisa dilakukan mulai dari mempersiapkan kandang sampai pemberian pakan.

Karena memiliki banyak penggemar, banyak orang yang ingin beternak burung satu ini dirumahnya. Beternak kenari di dalam rumah termasuk mudah, Anda juga harus mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Setelah kandang siap, burung kenari baik dibeli ataupun hasil perjodohan dimasukkan kedalam kandang.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Kenari

Tidak jarang banyak yang mengalami kendala bahkan gagal dalam beternak burung ini. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Faktor pertama yang bisa membuat budidaya gagal adalah faktor lingkungan, di mana cuaca sangat menentukan keberhasilan peternakan. Cuaca yang terlalu panas biasanya membuat burung tidak nyaman, begitupun sebaliknya.

Selain itu kesalahan dari pemberian pakan juga dapat menjadi faktor kegagalan. Jadi, pastikan Anda memberi makan secara tepat burung-burung yang diternak. Selain itu, faktor keturunan juga seringkali menjadi penyebab kegagalan, di mana burung memiliki kelainan genetik yang berasal dari induknya. Jika sudah terjadi hal tersebut, harga burung kenari pun dapat merosot.

6. Harga Kenari

Setelah mengetahui cara ternak buurung kenari yang baik, saya juga akan memberikan ulasan tentang daftar harga kenari . Bagi Anda yang ingin membeli burung kenari atau menambah koleksi, berikut harga burung kenari :

  • Burung Kenari Lokal Hijau Anakan (Rp80.000,-)
  • Kenari Lokal Bond Anakan (Rp80.000,-)
  • Burung Kenari Lokal Putih Anakan (Rp.110.000,-)
  • Kenari Lokal Kuning Anakan (Rp55.000,-)
  • Burung Kenari Lokal Orange Anakan (Rp90.000,-)

Harga diatas bisa saja berbeda disetiap tokonya, jadi untuk memastikan tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan langsung ke toko burung terdekat. Semoga ulasan tentang cara ternak kenari ini dapat bermanfaat.

 

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Super N

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Ternak Walet

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *