Cara Ternak Kambing Gibas

3 min read

cara ternak kambing gibas

Kambing Gibas? Sebenarnya ini ada sedikit kekeliruan kalau menurut Nonaternak. Yang sering dimaksud dengan Gibas adalam Domba Ekor Gemuk, padahal Kambing dan Domba tentu sangat berbeda, karena spesiesnya saja berbeda. Setelah ditelusuri mengenai Cara Ternak Kambing Gibas, ternyata arahnya adalah untuk Domba Ekor Gemuk. Sehingga kali ini Nonaternak akan membahas tentang Domba Ekor Gemuk, kalaupun disebut sebagai Kambing ini hanya untuk mengikuti pemahaman awal kamu kamu saja, besok besok sebut Domba ya, bukan kambing.

Kenapa sih perlu tahu cara ternak kambing gibas? Sekarang ini sudah banyak orang melakukan usaha atau bisnis salah satunya dengan cara beternak. Hal tersebut karena memiliki untung yang banyak dan modal yang digunakan juga minim. Di artikel kali ini akan dibahas secara detail mengenai cara budidaya kambing gibas atau kambing gembel yang termasuk jenis domba dengan baik, benar, serta mudah anda terapkan di rumah.  Ingin tahu ya kelanjutannya? Mari simak artikel berikut dengan serius ya!cara budidaya kambing gibas

Cara Ternak Kambing Gibas

Kambing gibas merupakan salah satu hewan ternak yang mudah di budidayakan. Kambing jenis ini merupakan salah satu jenis mamalia karena memiliki kelenjar mamae atau kelenjar susu. Mungkin ada beberapa orang menganggap kambing gibas ini ialah sama dengan domba atau bahkan sebaliknya, ternyata itu salah besar lho!

Ada beberapa perbedaan antara kambing dan domba yang wajib anda ketahui, yaitu pada kambing memiliki bulu yang tidak selebat domba, telinga kambing biasanya condong kebawah sedangkan pada domba lebih cenderung ke atas, tanduk yang dimiliki kambing lebih mengarah kesamping atau atas sedangkan pada domba lebih dominan dengan arah melengkung.

Ternyata ada salah satu jenis domba yang memiliki banyak nama, yaitu domba ekor gemuk yang termasuk jenis kambing gibas kerap kali dipanggil dengan sebutan kambing gembel atau kambing gibas. Di artikel kali ini, akan mengupas tuntas mengenai cara ternak domba ekor gemuk jenis kambing gibas atau kambing gembel dengan baik dan benar.

1. Bibit Domba Ekor Gemuk / Kambing Gibas

Bibit merupakan faktor penentu dalam melakukan budidaya ternak. Bibit yang unggul didapatkan dari induk yang unggul pula. Adapun ciri-ciri bibit yang baik dan unggul yaitu bibit tidak cacat (sehat), memiliki badan yang kuat, tidak penyakitan, memiliki kaki yang kokoh, memiliki bulu yang lebat dan tidak rontok, serta nafsu makannya tinggi.

2. Kandang Domba Ekor Gemuk / Kambing Gibas

Kandang merupakan bagian penting dalam kelangsungan hidup hewan ternak agar dapat tumbuh dengan baik dan meningkatkan tingkat reproduksinya. Syarat minimal kandang yang baik yaitu kandang dapat melindungi ternak ini dari serangan predator dan kondisi cuaca yang buruk atau hujan, memiliki pondasi yang kuat atau kokoh, nyaman untuk tempat tinggal ternak, serta disediakan tempat makan dan minum.

Adapun tata cara pembuatan kandang domba ekor gemuk atau kambing gembel yang perlu diketahui, yakni:

  1. Tentukan lokasi atau tempat yang sesuai untuk pembangunan kandang ternak.
  2. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat kandang.
  3. Buat desain kandang sesuai kondisi tempat yang ada dan tentunya mendukung.
  4. Buat kerangka kandang dengan ukuran ideal 5 m – 7 m (disesuaikan dengan banyaknya domba yang diternakkan ya)
  5. Buat pondasi kandang yang kokoh kemudian diteruskan dengan atap kandang.
  6. Pasang pagar di area kandang agar keamanan domba tetap terjaga.
  7. Kandang domba sudah jadi!

Langkah-langkah tersebut bisa anda aplikasikan dalam pembuatan kandang di rumah loh,

3. Pakan Domba Ekor Gemuk

Makan merupakan faktor utama penentu pertumbuhan, perkembangan, dan produktivitas hewan ternak. Mengingat domba ekor gemuk adalah hewan herbivora, maka makan yang cocok adalah tumbuhan jenis rumput-rumputan atau sayur-mayur.

Nutrisi dalam makan tersebut harus diperhatikan agar ternak dapat tumbuh dengan baik. Rasio pemberian pakannya tergantung dari umur domba ya, biasanya domba dewasa diberi makan dengan kandungan gizi yang lebih banyak agar dapat menghasilkan bulu yang bagus dan bibit yang unggul baik pula.

Untuk memenuhi kandungan nutrien yang dibutuhkan oleh ternak, maka sebaiknya diberikan tambahan vitamin domba.

4. Cara Ternak Kambing Gibas

Dalam memelihara domba ekor gemuk, yang harus diperhatikan adalah mengenai perawatan bulu dan kondisi kesehatan domba tersebut. Jika perwatan yang diberikan baik, maka hasilnya juga baik. Adapun perawatan yang harus diberikan kepada domba ekor gemuk, yaitu selalu dimandikan  atau bersihkan agar bulunya tidak kumal (minimal 1 kali sehari ya), memberi makanan bergizi yang cukup, rajin membersihkan kandang minimal 3 hari sekali, serta jika ada domba yang sakit maka segera beri perawatan khusus seperti diberi obat dan dipisahkan dari kelompoknya agar tidak menginfeksi domba yang lain.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Kambing Gibas

Kegagalan adalah salah satu faktor penghambat dalam melakukan usaha ternak. oleh karena itu, anda harus segera mengantisipasi, mencegah, dan menanggulanginya dengan secepat mungkin agar tidak terjadi kerugian yang banyak. Beberapa penyebab kegagalan cara ternak domba ekor gemuk yaitu menggunakan bibit yang tidak sehat, kurangnya asupan gizi yang baik pada makanan domba, kandang yang tidak memenuhi standart sewajarnya, kurangnya perawatan, perhatian dan pemeliharaan yang baik dan benar terhadap domba ekor gemuk, kurang tanggapnya pemilik terhadap domba yang sakit, keterbatasan modal, adanya wabah  atau virus besar-besaran yang menyerang domba ekor gemuk.

6.      Daftar Harga Domba Ekor Gemuk

KategoriHarga
Pejantan usia 7-9 bulan1.100.000,00/ekor
Domba ekor gemuk dengan bobot 18-40 kg1.500.000,00/ekor

Harga tersebut dapat berubah-ubah sesuai selera pasar, ketersediaan domba ekor gemuk, kondisi lingkungan dan waktu loh ya.

Demikian artikel  mengenai cara budidaya kambing gibas, kambing gembel atau domba ekor gemuk ini, semoga ulasan ini bermanfaat! Terima kasih.

Diana Eka Mei Novitasari

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *