Cara Ternak Ayam Mutiara

2 min read

cara ternak ayam mutiara

Kamu mau memelihara Ayam Mutiara sebagai hobby atau untuk dibudidayakan? Pilihan ini tentu akan menentukan bagaimana Ayam Mutiara akan dipelihara. Nonaternak membahas cara ternak ayam mutiara ini lebih kepada budidaya, tetapi tidak ada salahnya jika kamu sebagai penghobi sekaligus ingin budidaya ayam mutiara.

Di zaman yang sekarang, banyak orang berkompetisi untuk memeroleh peluang usaha yang mapan dan menguntungkan. Saat ini mulai banyak orang menjalankan usaha dengan cara beternak, salah satunya adalah budidaya ayam mutiara. Di artikel ini, akan dikupas tuntas mengenai cara ternak ayam mutiara yang baik dan benar, mengasyikkan, serta mudah untuk anda terapkan dirumah, hal tersebut juga cocok khususnya untuk para pemula yang bingung untuk mencari referensi cara ternak ayam mutiara yang baik dan benar karena di artikel kali ini menyajikan informasi seputar cara budidaya ayam mutiara secara detail. Penasaran bukan? Mari simak artikel berikut dengan seksama ya!cara budidaya ayam mutiara

Cara Ternak Ayam Mutiara

Ayam mutiara merupakan salah satu hewan kesayangan karena banyak digunakan sebagai hewan peliharaan atau sebagai ladang bisnis. Ciri khas dari ayam mutiara ini adalah memiliki  bulu dengan  motif polkadot berwarna putih dan abu-abu. Cara budidaya ayam mutiara tidak sama dengan jenis ayam yang lain karena ada beberapa perawatan dan teknik yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan berikut!

1. Bibit Unggul Ayam Mutiara

Bibit merupakan salah satu faktor yang tidak boleh diremehkan, karena berpengaruh terhadap kunci kesuksesan peternak demi dihasilkannya kualitas ternak yang unggul dan berkualitas. Dalam cara budidaya ayam mutiara, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan bibit unggulan, yaitu bibit harus dalam keadaan sehat, tidak cacat, memiliki bulu yang indah dan tidak rontok, nafsu makannya tinggi, memiliki badan yang kuat dan kokoh, memiliki tingkat kesehatan yang tinggi.

2. Kandang Ayam Mutiara

Faktor utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan ternak selain pemilihan bibit yaitu adanya kandang yang telah lulus persyaratan minimal kandang yang baik. Dalam cara ternak ayam mutiara dari segi kandangnya harus memenuhi beberapa syarat, yaitu kandang dapat melindungi hewan ternak dari segala macam bahaya mulai dari predator hingga cuaca ekstrim, memiliki lokasi untuk bertengger bagi ayam mutiara, dan lokasi kandangnya sebaiknya disesuaikan dengan habitat asli ayam mutiara agar ayam nyaman dan memiliki produktivitas yang tinggi.

Adapun cara pembuatan kandang ayam mutiara yaitu:

  1. Tentukan lokasi mana yang cocok untuk pembuatan kandang ayam mutiara.
  2. Siapkan alat dan bahan.
  3. Buat desain kandang sesuai kebutuhan. Ukuran kandang yang ideal untuk ayam mutiara biasanya 5 m – 7 m tergantung dari banyaknya yang diternakkan.
  4. Buat kerangka kandang, dilanjutkan dengan pembuatan atap dan pondasi kandang.
  5. Buat tenggeran untuk ayam mutiara.
  6. Pasang kawat di dinding kawat agar cahaya dapat masuk ke kandang sehingga meminimalisir terjadinya suhu lembab atau tumbuhnya jamur.
  7. Kandang sudah jadi deh!

Mudahkan? Langkah-langkah tersebut bisa anda terapkan untuk pembuatan kandang dirumah.

3. Pakan Ayam Mutiara

Ayam mutiara merupakan salah satu hewan omnivora atau pemakan segala, sehingga untuk pemberian pakannya tidak susah-susah untuk mencarinya. Jenis makan ayam mutiara dapat berupa daging, ikan, rerumputan, hingga sayuran. hal terpenting yang harus diperhatikan dalam pemberian pakan ayam mutiara yaitu harus memiliki kandungan nutrisi, mineral, vitamin, karbohidrat, dan protein yang cukup, hal tersebut berguna untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan, dan produktivitas ayam mutiara agar dapat hidup dengan baik dan sehat.

Ada banyak pilihan vitamin dan mineral tambahan yang bisa digunakan, Nonaternak membahasny di halaman vitamin ayam.

Pemberian pakan ayam mutiara tergantung dari jenis kelamin dan umur ayam tersebut. Ayam dewasa sebaiknya diberikan porsi makanan bergizi yang lebih untuk memenuhi persyaratan pertumbuhan dan perkembangan ayam tersebut.

4. Cara Ternak Ayam Mutiara

Untuk memelihara ayam mutiara agar tumbuh dengan baik maka diperlukan ketelatenan yang lebih dibanding dengan membudidayakan jenis ayam yang lain. Makanan yang diberikan sebaiknya 3 kali sehari dengan tetap memperhatikan kandungan gizi makan tersebut. Pembersihan kandang dapat dilakukan 3 hari sekali tergantung dari tingkat ke kotoran kandang tersebut. Jika ada ayam mutiara yang sakit segeralah untuk memberikan penanganan berupa pemberian obat dan memisahkan dari kelompoknya agar tidak menulari ayam yang lain. Pada musim hujan biasanya ayam mutiara bertelur, sehingga segeralah untuk menyiapkan ruang inkubator atau ruang yang memiliki suhu yang hangat guna menetaskan telur ayam tersebut.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Ayam Mutiara

Latar belakang terjadinya kerugian adalah munculnya kegagalan. Oleh karena itu, faktor kegagalan harus diminimalisir, dicegah, atau bahkan dikurangi agar tidak terjadi kerugian. Adapun faktor penyebab kegagalan cara budidaya ayam mutiara, yaitu menggunakan bibit yang tidak sempurna (cacat), kurangnya asupan nutrisi dan gizi yang cukup pada makanan yang diberikan kepada ayam mutiara, adanya penyakit atau wabah yang menyerang kesehatan ayam mutiara, adanya kandang yang kurang layak digunakan untuk budidaya ayam mutiara sehingga akan mempengaruhi kondisi reproduksinya.

6.      Daftar Harga Ayam Mutiara

Kategoriharga
Ayam mutiara hitam berumur 1 bulan85.000,00/ekor
Ayam mutiara hitam berumur 3 bulan135.000,00/ekor
Ayam mutiara hitam dewasa300.000,00/ekor
Ayam mutiara plangkok dewasa 475.000,00/ekor
Ayam mutiara putih dewasa485.000,00/ekor
Ayam mutiara silver dewasa485.000,00/ekor

Harga tersebut dapat berubah-ubah sesuai kondisi lingkungan sekitar dan harga pasar.

Demikian artikel mengenai cara budidaya ayam mutiara atau cara ternak ayam mutiara yang baik dan benar. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Diana Eka Mei Novitasari

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *