Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Ayam Kate Serama

3 min read

Cara Ternak Ayam Kate Serama

Ayam kate serama adalah salah satu hewan yang sekarang mulai banyak dibudidayakan oleh peternak, entah itu untuk peliharaan atau perlombaan ayam hias. Ternak ayam kate serama harus diperhatikan secara seksama mengingat ayam tersebut membutuhkan pemeliharaan khusus. Cara ternak ayam kate serama pun mudah untuk dilakukan, salah satu alasannya karena ayam tersebut mudah untuk dikembangbiakkan.

Kali ini Nonaternak akan membahas secara lengkap informasi yang kamu butuhkan sebagai pemula. Simak dengan baik cara ternak ayam kate serama ini. Berikut akan dipaparkan informasi seputar seluk beluk beternak ayam kate yang baik dan benar!cara Budidaya ayam kate serama

Cara Ternak Ayam Kate Serama

Budidaya ayam kate serama dapat dilakukan oleh siapa saja. Ayam tersebut memiliki ciri fisik yang membedakan dengan ayam yang lain. Adapun ciri fisik ayam kate serama yakni ukuran tubuh yang mungil, memiliki postur dada yang gagah, dan memiliki warna dominan hitam dan merah. Pada dasarnya saat melakukan cara ternak ayam kate serama harus mengetahui konsep materi dasarnya. Hal hal yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya ayam kate serama yakni:

1. Pemilihan Bibit Ayam Kate Serama

Perlu diketahui cara budidaya ayam serama bagi pemula dalam pemilihan bibit unggul ayam kate serama memiliki beberapa ciri ciri yang harus diketahui. Kriteria bibit ayam kate serama yang bagus yaitu bibit dalam kondisi sehat, memiliki kelengkapan anggota tubuh atau tidak cacat. Nafsu makan yang tinggi juga dapat menjadi faktor pendorong perkembangan bibit agar tumbuh dengan baik.

Jenis bibit ayam kate serama yang sudah dikembangkan yaitu jenis serama slim (jenis yang paling tua), jenis apple serama (memiliki bentuk tubuh seperti buah apel). Ternyata bukan hanya itu saja lho jenis jenis nya, adapun macam bibit kate serama selanjutnya yakni serama ideal (memiliki bentuk tubuh yang unik sehingga banyak digunakan untuk ajang perlombaan ayam hias).

2. Kandang Ayam Kate Serama

Pemilihan kandang harus dilakukan secara baik dan benar, hal tersebut karena dengan kandang yang baik dapat menunjang produktivitas si ayam sehingga ayam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam cara memelihara ayam kate serama, kandang yang digunakan sebaiknya memiliki ukuran kurang lebih 2 meter x 1 meter untuk kandang yang berisi 3 sampai 5 ekor ayam. Ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah ayam yang diternakkan.

Adapun cara ternak ayam kate serama dalam pembuatan kandangnya yaitu:

  1. Buatlah desain kandang untuk si ayam. Ukuran kandang dapat disesuaikan.
  2. Pilihlah tempat yang cocok untuk dijadikan kandang ayam. Usahakan kandang ayam berada ditempat yang kering dan jauh dari hutan (untuk menghindari adanya predator ayam kate serama).
  3. Siapkan alat dan bahan yang terdiri dari kayu, kawat, paku, kondek, palu, dan gergaji.
  4. Buat kerangka kandang dari kayu terlebih dahulu. Dapat dimulai dengan membuat dasaran dilanjutkan dengan pembuatan atap kandang.
  5. Jika kerangka sudah jadi. Selanjutnya pasang kondek pada bagian atap.
  6. Seandainya pembuatan kandang sudah selesai, dapat dilanjutkan dengan pembuatan pagar kandang dengan kawat dan kayu agar keamanannya lebih terjamin.
  7. Kandang ayam kate serama sudah jadi! Selamat mencoba!

3. Pakan Ayam Kate Serama

Dalam cara ternak ayam kate serama, pemberian pakan untuk si ayam harus dilakukan secara teratur, satu hari dapat diberikan sebanyak 3 kali dengan dosis 500 gram sampai 860 gram untuk 6 ekor ayam kate serama. Pemberian pakan tersebut dapat disesuaikan dengan karakter si ayam karena setiap ayam memiliki nafsu makan yang berbeda beda.

Pakan yang sering diberikan peternak untuk ayam kate serama yaitu dedak, beras merah, tauge, dan biji jagung. Hal tersebut dikarenakan ayam tersebut termasuk dalam golongan herbivora sehingga makanan dominan nya berasal dari tumbuhan.

Agar tidak mengalami defisiensi vitamin dan mineral, maka perlu ditambah dengan vitamin ayam.

4. Cara Ternak Ayam Kate Serama

Proses pemeliharaan ayam kate serama harus dilakukan dengan jeli agar ayam dapat terus berkembang dengan baik. Cara budidaya ayam serama bagi pemula harus dipahami secara betul. Mulai dari pemilihan bibit unggul yang berkualitas, pembuatan kandang, bahkan hingga pemberian pakan yang teratur untuk si ayam. Jika hal tersebut sudah kamu terapkan dengan baik, maka kemungkinan besar budidaya ayam kate serama yang kamu jalani dapat berjalan dengan maksimal.

Saat melakukan cara memelihara ayam kate serama, sebaiknya harus disediakan pula obat dan vaksin untuk jaga jaga jika ada ayam yang sakit, Adapun obat dan vaksin yang dapat diberikan yakni vaksin NCD, antisep, kalsium tablet, dan tetra chlor.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Ayam Kate Serama

Kegagalan merupakan salah satu faktor penyebab tidak berhasilnya melakukan budidaya hewan ternak termasuk ayam. Adapun penyebab kegagalan cara ternak ayam kate serama yaitu induk ayam tidak mau mengerami telur nya sehingga anak yang menetas sedikit dan ayam terserang hama penyakit sehingga banyak yang mati.

Ternyata bukan hanya itu saja lho penyebab kegagalannya, penyebab yang lain yakni adanya predator atau sejenisnya bagi ayam kate serama, sera kurangnya pasokan makanan bergizi untuk si ayam sehingga pertumbuhannya terhambat.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ayam Kate Serama

Kelompok hargaHarga ayam kate seramaSumber
Ayam kate serama dengan umur 1 bulan Rp110.000,00 per ekorAyam Hias Bandung
Ayam kate serama berumur 2 bulanRp135.000,00 per ekorAyam Hias Bandung
Ayam kate serama dengan umur 3 bulan Rp185.000 per ekorAyam Hias Bandung
Ayam kate serama berumur 4 bulan235.000 per ekor
5 Bln Rp285.000
Ayam Hias Bandung
Ayam kate serama dengan umur 5 bulanRp285.000 per ekorAyam Hias Bandung
Ayam kate serama dewasa jenis malaysiaRp.150.000,00Ayam Hias Bandung
Ayam kate serama betina jenis selam idealRp.1.200.00,00Ayam Hias Bandung

Harga tersebut dapat berubah ubah sesuai kondisi terkini, seperti jumlah ayam kate serama yang ada di pasaran, umur si ayam, jenis si ayam, serta beda penjual juga dapat memengaruhi harga.

Demikian artikel mengenai cara ternak ayam kate serama. Semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

3 Replies to “Cara Ternak Ayam Kate Serama”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *