Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Ayam Cemani

2 min read

Cara Ternak Ayam Cemani

Sekarang ini budidaya ayam hias sudah banyak dilakukan. Salah satu jenis ayam hias yang banyak digemari oleh pembudidaya adalah ayam cemani. Ayam cemani memiliki keistimewaan bagian tubuhnya yang dominan berwarna hitam. Selain dijadikan ladang bisnis, ayam ini juga dapat digunakan sebagai hewan peliharaan mengingat merupakan salah satu ayam hias. Cara ternak ayam cemani tidak begitu susah dan sulit.

Nonaternak akan membahas cara budidaya ayam cemani ini untuk pemula yang belum pernah memelihara ayam. Berikut ini adalah faktor penting yang harus dipenuhi dalam melakukan cara ternak ayam cemani.Cara Ternak Ayam Cemani

Cara Ternak Ayam Cemani

Ayam cemani adalah salah satu ayam asli yang berasal dari Indonesia kemudian menyebar ke beberapa Negara. Hewan tersebut memiliki warna tubuh dan darah berupa warna hitam sehingga menjadikannya berbeda dengan ayam jenis lain. Cara ternak ayam cemani harus diperhatikan dengan baik agar ayam yang dibudidayakan dapat tumbuh dengan sehat. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya ayam cemani akan dipaparkan di artikel kali ini.

1. Pemilihan Bibit Ayam Cemani

Dalam cara memelihara ayam cemani, usahakan menggunakan bibit yang bagus dan tidak cacat. Bibit yang direkomendasikan untuk dibudidayakan yakni bibit yang memiliki usia produktif (dua minggu), kemauan memiliki nafsu makan yang baik. Selain itu pula, kondisi bulu bibit ayam cemani yang bagus yaitu tidak rontok, dan tumbuh dengan lebat.

Pemilihan bibit ayam cemani harus dilakukan secara selektif agar didapatkan hasil yang maksimal. Pilih bibit dari induk yang berkualitas agar keturunan yang dihasilkan juga berkualitas.

2. Kandang Ayam Cemani

Salah satu metode cara budidaya ayam cemani adalah pemilihan kandang yang nyaman untuk si ayam. Sebelum membuat kandang, pilih dulu lokasi yang tepat untuk menaruhnya. Jangan menaruh kandang di tempat yang lembab karena dapat mengundang vektor penyakit. Tempat ideal untuk menaruh kandang ayam cemani adalah tempat yang kering, tidak basah, dan bisa dilalui sinar matahari.

Ukuran kandang dalam cara ternak ayam cemani berbeda beda tergantung dari banyak ayam yang diternak kan. Adapun ukuran yang umum dipakai adalah 4 m x 3 m x 2,5 m untuk 1 ekor ayam cemani. Ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar dan banyaknya ayam yang dibudidayakan.

Bahan dasar untuk pembuatan kandang ayam cemani dapat berasal dari kayu, bambu, maupun rotan. Berikut ini akan dipaparkan mengenai bagaimana cara membuat kandang dari bahan dasar bambu dan kayu yang baik dan benar. Adapun tata caranya yakni:

  1. Buat rancangan desain kandang yang akan digunakan.
  2. Siapkan alat berupa gergaji, palu, dan pisau. Sedangkan bahannya adalah bambu, engsel, paku, cat kayu, dan kayu.
  3. Buat rancangan dasar kandang menggunakan kayu dan bambu. Setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan dasar kandang dan atap kandang.
  4. Jika sudah, lalu buat pintu kandang dengan bambu dan engsel.
  5. Langkah terakhir adalah melapisi kandang dengan cat agar terlihat artistik.

3. Pakan Ayam Cemani

Ayam cemani adalah salah satu hewan golongan omnivora sehingga dapat makan apa saja asalkan masih batas kemampuannya. Makanan yang biasanya diberikan saat melakukan cara budidaya ayam cemani adalah makanan yang berserat dan mengandung gizi tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi atau nutrien ayam Cemani, maka perlu ditambah vitamin ayam.

Adapun contoh makanan yang dapat digunakan adalah pospur, biji bijian, kedelai, kacang hijau, bekatul, dedak, nasi, maupun konsentrat. Makanan tersebut dapat diberikan dengan dosis tiga kali sehari.

4. Cara Ternak Ayam Cemani

Pada dasarnya, dalam cara memelihara ayam cemani yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan si ayam agar dapat hidup dengan baik. Selain itu pula, aspek pemilihan bibit, kondisi kandang ayam cemani, hingga pakan untuk ayam cemani juga harus diperhatikan.

Jika ada ayam cemani yang sakit maka segeralah untuk memberikannya obat sesuai penyakit yang dideritanya. Selanjutnya kamu juga bisa memberinya vitamin agar daya tahan tubuhnya terjaga. Perhatikan selalu kebersihan kandang dan lingkungan sekitar agar tidak ada vektor penyakit yang dapat membahayakan si ayam.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Ayam Cemani

Ada beberapa penyebab kegagalan cara ternak ayam cemani yaitu kurangnya pasokan makanan yang bergizi untuk ayam cemani sehingga pertumbuhannya terganggu. Kondisi lingkungan yang kotor terutama pada bagian kandang juga dapat menjadi sarang penyakit yang membahayakan kondisi kesehatan ayam cemani.

Selain faktor diatas, ada pula penyebab kegagalan yang lain yaitu kurangnya bibit berkualitas sehingga dihasilkan generasi yang kurang maksimal.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ayam Cemani

Kelompok hargaHarga  Ayam Cemani (Rp)Sumber
Ayam cemani dewasa dengan berat 250 gram350.000https://www.tokopedia.com/tpj11/ayam-cemani?
Ayam cemani jantan dewasa umur 3 bulan350.000https://www.tokopedia.com/tpj11/ayam-cemani-jantan-3-bulan-ayam-hias-ayam-hitam-asli-indonesia?
Bibit ayam cemani usia 1 bulan110.000

Harga tersebut dapat sewaktu waktu berubah. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh jenis ayam cemani, umur ayam cemani, penjual ayam cemani, dan kondisi pasar terkini mengenai populasi ayam cemani.

Itu tadi artikel mengenai cara ternak ayam cemani. Semoga dapat membantu. Terima kasih!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *