Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Ternak Ayam Bekisar

2 min read

Cara ternak ayam bekisar

Ayam bekisar merupakan hasil perkawinan silang antara ayam hutan jantan dan ayam hutan betina. Banyak orang yang beternak ayam ini karena memang cara ternak ayam bekisar sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu ayam ini juga sering dijadikan sebagai ayam hias karena keindahan bulunya juga sebagai ayam lomba karena kemampuan ayam ini dalam hal berkicau. Ya, menurut Nonaternak, ayam ini sangat unik.

Melihat banyaknya keunggulan dari ayam ini, tidak heran jika banyak yang mencari tahu bagaimana cara budidaya ayam bekisar. Hal ini mencakup bagaimana cara memelihara ayam bekisar atau pun bagaimana cara beternak ayam bekisar yang baik. Bila anda juga penasaran bagaimana cara ternak ayam bekisar bisa langsung disimak di pembahasan yang akan disajikan ini.Cara Ternak Ayam Bekisar

Cara Ternak Ayam Bekisar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pembahasan kali ini akan seputar bagaimana cara ternak ayam bekisar. Pembahasan kali ini akan membahas pakan ayam bekisar agar cepat besar, cara memelihara ayam bekisar agar bisa laku terjual di pasaran, dan lainnya. Untuk melihat pembahasan bagaimana cara budidaya ayam bekisar yang katanya mudah bisa dilihat di bawah ini.

1. Memilih Bibit yang Bagus

Pemilihan bibit yang bagus merupakan langkah awal yang sangat penting dalam cara ternak ayam bekisar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengawinkan dua indukan berkualitas yakni ayam hutan jantan dengan ayam betina spesies lain (sebagai persilangan terbaik). Lalu lakukan perkawinan keduanya di musim kemarau agar anakan yang dihasilkan berkualitas tinggi.

2. Kandang Ayam Bekisar

Selanjutnya adalah pembuatan kandang ayam bekisar yang sebenarnya bisa dibuat dengan cara yang sama dengan ayan lainnya. Namun khusus untuk cara budidaya ayam bekisar ada baiknya menggunakan kandang dengan luas yang lumayan. Pastikan kandang tidak hanya luas untuk menampung banyak ayam, tapi juga agar ayam bergerak bebas untuk menghindari stress.

3. Pakan Ayam Bekisar agar Cepat Besar

Selanjutnya adalah pemilihan pakan ayam bekisar agar cepat besar, bisa dengan pakan ayam yang biasa seperti dedak halus dan ditambah protein. Namun untuk ayam yang masih muda, yang berusia kurang dari satu bulan beri tambahan br atau voer. Pastikan juga makanan benar-benar halus karena untuk yang berusia kurang dari satu bulan alat pencernaannya masih sangat sensitif.

Karena sensitif terhadap pakan, sehingga ayam bekisar mudah stress, sebaiknya diberikan vitamin ayam.

4. Cara Ternak Ayam Bekisar Agar Aman

Selanjutnya adalah cara beternak ayam bekisar dalam hal ini adalah cara memelihara ayam bekisar agar terhindar dari stres dan gagal tumbuh. Pertama perhatikan kebersihan kandang ayam bekisar serta ruang geraknya dalam kandang tersebut. Karena ternyata ayam bekisar merupakan ayam yang memiliki perasaan sensitif.

Lalu perhatikan juga kebersihan pakannya, karena apabila ingin mendapatkan ayam bekisar yang memiliki bulu indah seperti bulu hias harus perhatikan kualitas makanannya. Jangan lupa juga untuk melatih kicauannya apabila dari awal ingin dijadikan ayam aduan. Pancing terus ayam untuk berkokok agar bisa mantap saat di dengar.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Ayam Bekisar

Banyak hal yang menjadi penyebab kegagalan saat seseorang melakukan cara beternak ayam bekisar. Pertama ayam stres dan meninggal, karena sudah bukan rahasia umum lagi jika ayam bekisar merupakan ayam yang rentan stres. Kedua ayam mati karena penyakit yang disebabkan karena kebersihan kandang kurang terjaga. Ketiga karena serangan dari predator alami.

6. Daftar Harga Ayam Bekisar

Setelah membahas cara ternak ayam bekisar, sekarang saatnya mengetahui harga ayam bekisar dimulai dari indukan sampai ayam siap jual. Untuk harga indukan berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp75 ribu sesuai dengan kualitasnya. Bagi ayam yang siap jual bisa mencapai Rp 35 ribu perekornya. Jadi apabila dua indukan bisa menghasilkan 10 ayam siap jual saja, peternak sudah bisa mendapat Rp 350 ribu.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *