Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Leopard Gecko

3 min read

cara merawat leopard gecko

Tau kah kamu bahwa salah satu hewan melata yang satu ini yakni Leopard Gecko merupakan hewan yang banyak terdapat di India, Iran, dan Pakistan loh. Leopard Gecko termasuk jenis tokek yang menjadi binatang hias. Sekarang ini banyak yang memilih binatang ini untuk dipelihara karena warna tubuhnya yang menarik, tubuhnya yang indah serta perawatan yang mudah. Jika kamu juga ingin memeliharanya, maka harus tau betul ya bagaimana cara merawat Leopard Gecko ini.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang cara memelihara Leopard Gecko untuk pemula. Kamu bisa mengikuti cara merawat Leopard Gecko ini bahkan untuk pertama kali, karena sangat mudah.cara merawat leopard gecko

Cara Merawat Leopard Gecko

Binatang yang memiliki nama ilmiah Eublepharis Macularius ini banyak diburu orang untuk dipelihara menjadi binatang hias. Jika kamu juga ingin melakukan bisnis ternak binatang yang satu ini dijamin pasti laris dipasaran. Nah, sehingga untuk membudidayakan binatang ini kamu harus paham betul mulai dari kandang, jenis pakan, cara pemeliharaan bahkan harga jual atau harga bibitnya. Berikut ulasan lebih lanjut cara merawat Leopard Gecko yang penting untuk kamu ketahui!

1. Pemilihan Bibit Leopard Gecko

Jika kamu ingin merawat atau bahkan membudidayakan Leopard Gecko maka dalam hal ini proses pemilihan bibit untuk dibesarkan sangatlah penting. Jika kamu salah pilih, maka akan mempengaruhi perkembangan Leopard Gecko. Kamu harus punya wawasan dalam pemilihan bibit ini. Sehingga mengetahui cara perawatan gecko bagi pemula sangatlah penting. Ingat, Tidak semua bibit tergolong unggul, sehingga ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan ketika memilih bibit Leopard Gecko, yakni:

  • Bibit harus terlihat aktif bergerak
  • Tubuhnya mulus dan bersih
  • Memiliki nafsu makan yang bagus
  • Jangan memilih bibit yang dirasa memiliki benjolan yang tidak biasa pada tubuh

2. Tempat Budidaya Leopard Gecko

Cara memelihara gecko agar cepat panjang sangat bergantung pada kondisi kelayakan kandang. Kandang bisa kamu buat dari kotak plastik yang bisa kamu beli dengan harga murah. Kamu juga bisa memanfaatkan aquarium kaca dengan ukuran 30 x 40 x 60 cm. Untuk gecko sendiri juga bisa menggunakan kandang ukuran kecil akan tetapi lebih baik disesuaikan dengan panjang si tokek ya.

Beri penutup bagian atas kandang Leopard Gecko menggunakan kawat strimin. Kamu bisa mencarinya di toko material. Pada kandang, siapkan wadah air minum. Pilih mangkuk kecil dan sediakan pula tempat untuk tokek bersembunyi. Kamu bisa memanfaatkan paralon. Paralon kamu potong 3 inch. Siapkan juga ruang atau sekat untuk si tokek ganti kulit. Ingat, tokek ini dalam usia muda akan sering berganti-ganti kulit ya. jadi buat tempat kandang senyaman mungkin.

Tempat berganti kulit bisa kamu pakai dari wadah es krim atau toples plastik, lalu beri lubang untuk masuk si tokek. Taruh kapas pada ruang berganti kulit tersebut lalu basahi agar kondisi ruangan lembab. Cara merawat Leopard Gecko ini memang susah dalam shading atau pergantian kulit ya. pada malam hari beri penerangan pada sekitar kandang, karena si tokek butuh suhu tidak kurang pada 27 derajat. Penerangan ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

3. Pakan Leopard Gecko

Cara merawat Leopard Gecko ini demi kesehatan si tokek maka kamu harus fokus juga dalam pemberian pakan yang baik. Leopard Gecko ini memakan jangkrik, ulat hongkong, atau sejenis serangga seperti kecoa, rayap yang memiliki sayap, bahkan tikus merah. Leopard yang masih ukuran kecil beri saja jangkrik dengan ukuran yang yang kecil pula. Satu Leopard Gecko bisa kamu berikan cukup 2-5 jangkrik untuk per harinya.

Jika kamu akan berpergian lama, maka bisa kamu tambahkan porsinya agar tetap kenyang. Taruh pakan tersebut dalam satu wadah yang sekiranya pakan tidak bisa keluar atau menyebar. Jangan lupa selalu beri vitamin yang terbaik bagi si tokek agar tubuh tetap memiliki daya tahan yang bagus.

4.  Cara Merawat Leopard Gecko

Hewan yang masih dalam keluarga tokek ini menjadi sangat populer dikalangan pecinta reptile. Dalam memelihara Leopard Gecko kamu harus memberikan kasih sayang serta perhatian yang baik dalam perawatan. Kamu harus memiliki keyakinan untuk benar-benar siap merawat hewan ini. Cara memelihara gecko agar cepat panjang butuh beberapa hal yang rutin untuk diperhatikan. Cara perawatan gecko bagi pemula yang perlu kamu lakukan ialah:

  • Selalu rutin beri pakan yang bergizi untuk si Leopard Gecko
  • Mandikan tubuhnya agar bersih dan sehat
  • Berikan kasih sayang seperti mengelus kepala tokek ini
  • Buatkan kandang yang nyaman serta bersih
  • Dalam kandang kasih tempat air minum agar si tokek dengan mudah
  • Berikan konsumsi multivitamin agar si tokek memiliki daya tahan tubuh yang bagus

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Leopard Gecko

Sejatinya setiap kegiatan memelihara atau budidaya pasti selalu mengalami kesulitan yang dapat mengakibatkan suatu ke fatalan. Tau kah kamu apa saja penyebab kegagalan tersebut:

  • Bibit tokek yang dirasa sudah bermasalah fisiknya, sehingga ketika tokek dewasa akan mengalami kegagalan perkembangbiakan yang baik.
  • Tidak rutin memberikan pakan yang sesuai dengan jatah porsinya atau bahkan tidak pernah memberikan multivitamin pada si tokek. Sehingga tokek akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah.
  • Kualitas kandang yang kurang mumpuni guna proses shading atau pergantian kulit. Sehingga si tokek akan mengalami stress dan terganggu proses pertumbuhannya dan mengalami kegagalan dalam ganti kulit.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Leopard Gecko

Harga dibawah ini bergantung dipasaran ya sehingga bisa dengan mudah berganti-ganti. Berikut harga Leopard Gecko:

Kelompok HargaHarga Leopard Gecko (Rp)Sumber
Leopard Gecko jenis Macksnow Adult300.000https://www.tokopedia.com/leopard-gecko
Leopard Gecko jenis Morph Randon 1-2 bulan110.000https://shopee.co.id/leopard-gecko
Leopard Gecko jenis Albino90.000https://shopee.co.id/leopard-gecko
Leopard Gecko jenis Juve Good Quality280.000https://shopee.co.id/leopard-gecko
Leopard Gecko jenis Shtctb Het Sunglow 3 bln185.000https://shopee.co.id/leopard-gecko

Demikian ulasan mengenai cara merawat Leopard Gecko ini. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan kamu dalam proses pemeliharan ya. semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *