Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Kura Kura

3 min read

cara merawat kura kura

Cara merawat kura kura membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi. Bukan karena sulit, tapi karena pertumbuhannya yang lambat, jadinya tiap hari terlihat gitu gitu aja, harus sabar hehe. Kura kura adalah salah satu hewan jenis reptil yang istimewa karena dapat hidup dalam jangka waktu yang lama. Hewan tersebut memiliki tempurung yang sangat keras untuk melindungi tubuhnya dari gangguan luar.

Habitat asli kura kura adalah daerah peralihan antara daratan dan perairan. Sebelum melakukan cara merawat kura kura, ada baiknya jika kamu mengetahui dulu hal hal yang dibutuhkan selama proses merawatnya. Berikut Nonaternak bahas beberapa komponen penting yang harus diperhatikan saat merawat kura kura.cara merawat kura kura

Cara Merawat Kura Kura

Hewan kura kura berkembang biak dengan cara bertelur. Untuk satu kali bertelur dapat menghasilkan puluhan butir telur kura kura. perlu diketahui bahwa kura kura sekilas mirip dengan penyu dari bentuk tubuhnya, tetapi ada perbedaan diantara keduanya. Salah satu perbedaannya adalah struktur organ dan komponen penyusun tubuh yang tidak sama. Budidaya kura kura tidak begitu susah asalkan sudah mengetahui konsep dasarnya. Inilah konsep dasar yang harus dipertimbangkan saat melakukan cara merawat kura kura.

1. Pemilihan Bibit Kura Kura

Bibit yang dapat digunakan untuk cara merawat kura kura adalah bibit yang telah lulus seleksi. Seleksi tersebut didasarkan pada kesehatan bibit kura kura, kelengkapan organ tubuh bibit kura kura, dan nafsu makan bibit kura kura. Ada beberapa macam bibit kura kura yang direkomendasikan untuk dirawat.

Jenis bibit yang dimaksud adalah trachemys scripta elegans (memiliki harga yang terjangkau dan motif tubuh yang unik). Kemudian ada jenis red ear slider (memiliki warna merah pada tubuhnya), indian star tortoise (memiliki ukuran yang tergolong besar. Selain itu pula, ada jenis radiated tortoise, sulca tortoise, alligator snapping, cuora amboinensis, Asian forest tortoise, dan masih banyak lagi.

2. Tempat Budidaya Kura Kura

Agar cara merawat kura kura dapat berjalan dengan maksimal, maka tempat budidaya yang digunakan tidak boleh dianggap remeh. Kandang yang dapat digunakan adalah berupa aquarium atau yang lain mengingat cara memelihara kura kura kecil di aquarium air tawar lebih mudah dilakukan dari pada ditempat yang lain.

Panjang akuarium dapat berkisar 50 cm dengan tinggi 60 cm dan lebar 45 cm untuk kura kura yang memiliki diameter tubuh 24 cm. usahakan ukuran kandang dibuat agak besar gar kura kura dapat bergerak di dalam kandang dengan leluasa. Tempatkan kandang atau tempat budidaya ditempat yang tidak lembab dan mendapat sinar matahari langsung.

Adapun tahap tahap dalam pembuatan tempat budidaya berupa aquarium dalam cara memelihara kura kura kecil di aquarium air tawar, sebagai berikut:

  1. Tentukan persiapan awal sebelum membuat aquarium untuk kura kura. persiapan tersebut dapat berupa rancangan desain aquarium yang akan dibuat.
  2. Siapkan bahan dan alat untuk membuat aquarium. Bahannya dapat berupa kaca, lem kaca, tanah gambut, filter untuk aquarium dan air tawar. Sedangkan untuk alatnya dapat menggunakan kuas untuk mengolesi lem kaca, dan pemotong kaca.
  3. Buat kerangka dasar kandang menggunakan lempengan kaca yang sudah dipotong dengan bentuk yang sudah ditentukan.
  4. Lem bagian kaca dengan lemkaca pada bagian tepi saja. Jika sudah lalu rekatkan.
  5. Selanjutnya cek apakah aquarium bocor atau tidak. Seandainya bocor dapat ditambah lem kaca lagi.
  6. Kemudian pasang filter di aquarium serta isi tanah gambut pada bagian alas kandang, dilanjutkan dengan pengisian air tawar ke dalam aquarium.
  7. Aquarium untuk si kura kura sudah jadi!

3. Pakan Kura Kura

Pada dasarnya, kura kura memiliki nafsu makan yang baik sehingga perlu sedia stok pakan. Adapun pakan yang bisa diberikan adalah pakan instan untuk kura kura yang dapat ditemui di pasaran atau pun pellet dan sayuran. usahakan pakan yang diberikan memiliki kandungan protein hewani yang tinggi.

Dosis pakan yang diberikan dapat tiga atau dua kali sehari dengan takaran 25 gram, tergantung dari nafsu makan kura kura. pakan yang dapat diberikan saat melakukan cara merawat bayi kura kura brazil hijau adalah sayuran, ikan, dan lain lain yang penting memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk bayi kura kura brazil hijau.

4. Cara Merawat Kura Kura

Perlu diketahui, dalam merawat kura kura gunakan bibit yang telah memenuhi kriteria bibit sehat. Kemudian perhatikan pola pakan yang diberikan beserta kandungan gizi nya agar kura kura dapat hidup dengan sehat. Tetap jagalah kebersihan kandang agar tidak ada vektor penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kura kura.

Ada banyak jenis kura kura yang dapat dibudidayakan, seperti jenis brazil hijau. Dalam cara merawat bayi kura kura brazil hijau usahakan pasokan pakan tetap terpenuhi. Kemudian jemur kura kura tersebut dibawah sinar matahari minimal 1 kali sehari agar mendapat vitamain D yang cukup.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kura Kura Kura

Ada beberapa penyebab merawat kura kura belum berhasil yaitu filter pada aquarium rusak dan tidak segera diperbaiki. Hal tersebut menyebabkan kondisi air dalam aquarium kotor dan tumbuh bakteri atau pathogen lainnya. Adanya wabah penyakit yang menyerang kura kura sehingga menyebabkan kematian.

Kurangnya perawatan intensif untuk kura kura yang dapat menyebabkan kura kura tidak terurus dan akhirnya mati. Pakan yang diberikan kurang memenuhi minimal gizi yang dibutuhkan si kura kura sehingga sistem pertumbuhannya terganggu.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kura Kura

Kelompok hargaHarga kura kura (Rp)Sumber
Bibit kura kura jenis brazil hijau75.000https://www.tokopedia.com/acel97/kura-brazil-anakan-turtle?src=topads
Kura kura dewasa ukuran 15 cm jenis ambon85.000https://www.tokopedia.com/ashshope91/kura-kura-ambon-ukuran-15-cm-pengiriman-hanya-melalui-tiki-ons?src=topads
Kura kura darat jenis sulcata tortoise2.200.000https://www.tokopedia.com/aliang-shopp/kura-darat-sulcata-tortoise-normal-surabaya?

Har tersebut dipengaruhi oleh umur kura kura, jenis kura kura, dan penjual kura kura.

Demikian artikel mengenai cara merawat kura kura. semoga dapat membantun.

 

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *