Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Merawat Kucing Anggora

2 min read

cara merawat kucing anggora

Anggora itu cantik banget, iya nggak sih? Menurut Nonaternak sih begitu. Buat para cat lovers, wajib tahu nih cara merawat kucing anggora. Sebagaimana yang telah diketahui, kucing anggora sangat berbeda dengan kucing lokal maupun jenis kucing ras lainnya. Perbedaan anggora dengan kucing lokal jelas bisa dilihat kasat mata. Begitu pula dengan jenis ras populer lain, seperti kucing persia.

Perbedaan kucing persia dan anggora yang paling menonjol adalah bulunya. Bulu kucing persia lebih tebal daripada kucing anggora. Selain itu, wajah kucing anggora lebih mirip kucing lokal. Perbedaan dari segi fisik inilah yang membuat cara mengurus kucing anggora berbeda dengan merawat jenis kucing yang lain. Berikut ini cara merawat kucing anggora.

Cara Merawat Kucing Anggora

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan info menarik tentang cara merawat kucing anggora kecil hingga dewasa. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam cara merawat kucing anggora diantarnya perawatan kandang, pakan, dan lainnya. Apalagi cara memelihara kucing anggora bagi pemula akan terasa sulit karena belum terbiasa.

1. Pemilihan Anak Kucing Anggora

Kebanyakan orang lebih memilih merawat kucing anggora yang cukup dewasa dibanding memelihara kucing anggora sejak bayi. Padahal cara merawat kucing anggora kecil sebenarnya gampang kok. Anda hanya perlu memilih anakan kucing anggora yang bagus, baik dari segi fisik dan kesehatan si kucing.

Dengan cara mengurus kucing anggora sejak kecil, Anda tidak akan melewatkan masa-masa paling lucu si kucing. Karena, kucing anggora akan sangat menggemaskan ketika berada di usia 2-3 bulan. Cara merawat kucing anggora umur 2 bulan juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Selama cara perawatannya baik, pertumbuhan kucing juga akan baik.

2. Kandang Kucing Anggora yang Baik

Cara mengurus kucing anggora yang baik seharusnya memperhatikan pembuatan kandang dan perawatannya. Sebaiknya gunakan kandang yang berbahan alumunium atau sejenisnya. Di dalam kandang, sediakan juga alas yang nyaman dan gampang dibersihkan, misalnya alas yang berbahan plastik.

Kandang harus dibersihkan paling tidak seminggu sekali. Tetap perhatikan kebersihan kandang dalam cara merawat kucing anggora. Kebersihan kandang akan membuat kucing lebih nyaman dan terhindar dari resiko penyakit.

3. Pemberian Pakan Kucing Anggora

Dalam hal makanan dan minuman, antara kucing anggora yang kecil dan dewasa sedikit berbeda. Makanan untuk kucing anggora umur 2 bulan biasanya lebih ideal dari susu induknya. Sementara, induknya bisa diberi makan kucing padat dan kering sesuai porsinya.

Dalam pemberian pakan, cara memelihara kucing anggora bagi pemula akan sedikit sulit. Karena makanan untuk kucing anggora umur 2 bulan menggunakan wet food agar teksturnya lebih halus dan Anda harus mau repot membuatnya sendiri. Cara merawat kucing anggora umur 2 bulan ini memang bisa membuat Anda sedikit kewalahan.

4. Cara Merawat Kucing Anggora Kecil

Bagi pemula, kesulitan yang seringkali dialami adalah saat merawat anak kucing. Cara merawat kucing anggora kecil ini bisa dibilang lebih sulit daripada yang dewasa. Berikut beberapa tips dari saya dalam merawat anak kucing.

-beri makanan untuk kucing anggora umur 2 bulan dengan susu bubuk
-pakai dot susu khusus kucing
-pancing anak kucing anggora untuk buang air kecil dengan handuk basah
-selalu jaga suhu tubuh kucing anggora dengan bantalan penghangat
-sebaiknya anak kucing lebih sering dibiarkan saja berada di dalam kandang

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Anggora

Resiko penyakit menjadi salah satu penyebab kegagalan perawatan kucing anggora. Oleh karena itu, cara memelihara kucing anggora bagi pemula yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik dan kesehatan kucing. Pemilik yang malas memeriksa kesehatan kucing juga menjadi faktor pendudung kegagalan dalam merawat kucing.

Pada dasarnya cara merawat kucing anggora umur 2 bulan atau kecil itu harus lebih telaten dan sabar. Kegagalan dalam cara merawat kucing anggora yang bisa berakibat fatal tentu saja tidak diinginkan siapapun.

6. Daftar Harga Kucing Anggora

Setelah membahas tentang cara merawat kucing anggora, mungkin banyak teman-teman yang bertanya tentang harga kucing anggora. Harga kucing angora bisa dibilang cukup mahal. Kucing anggora asli dewasa bisa mencapai kisaran 8-12 juta rupiah. Sementara, kucing anggora dewasa campuran ras lain harganya sekitar 700-1.5 juta rupiah.

 

Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Susu Untuk Anak Kucing

Hendrasap
4 min read

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *