Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Iguana

3 min read

cara merawat iguana

Siapa yang tidak tau dengan hewan Iguana yang satu ini. Cara merawat Iguana di Indonesia cukup mudah karena hewan ini termasuk jenis kadal yang dapat hidup pada iklim tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan bahkan Kepulauan Karibia. Hewan ini memiliki 3 ragam atau jenis yakni Iguana Hijau dengan panjang tubuh sekitar 30-40 cm, Iguana biru dengan panjang 51-76 cm dan Iguana Laut sekitar 60-100 cm. Hewan ini menjadi populer untuk dipelihara karena memiliki bentuk tubuh eksotis.

Ingin tau bagaimana cara merawat Iguana? Nonaternak akan membahas cara memelihara Iguana ini dengan ringkas tetapi memuat hal hal penting. Simak dan praktekkan ya.cara merawat iguana

Cara Merawat Iguana

Sebelum kamu memilih Iguana sebagai hewan untuk dipelihara, maka kamu harus tau sekilas dulu fakta-fakta tentang Iguana. Perlu kamu ketahui bahwa Iguana memiliki jumlah spesies 35 lho, yang umum dipelihara ialah Iguana hijau atau Iguana Amerika. Iguana memiliki umur biasanya 10-12 tahun dan memiliki berat tubuh hingga 9 Kg. Inilah cara merawat Iguana yang perlu kamu simak!

1. Pemilihan Bibit Iguana

Jika kamu ingin memelihara Iguana, maka kamu juga harus paham betul masalah bibit Iguana yang bagus. Tentunya cara merawat Iguana ini akan mengalami kendala apabila bibit yang kamu pilih salah atau bermasalah. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui atau kamu perhatikan ketika memilih bibit Iguana, diantaranya ialah:

  • Jangan pilih bibit Iguana yang tubuhnya memiliki suatu benjolan atau dirasa bengkak pada bagian leher kepala dan gelambir Iguana.
  • Hati-hati dengan bibit Iguana yang memiliki benjolan pada rahang nya. Dikhawatirkan itu merupakan penyakit metabolik.
  • Pilih bibit Iguana yang kondisi tubuhnya bersih, sehat dan tidak cacat dan luka pada bagian mulut.
  • Tidak ada kotoran yang kering dibagian bawah perut. Sehingga menandakan bahwa bibit itu sebelumnya terawat dengan higienis.
  • Tidak ada bengkak pada bagian kaki ekor

Cara memelihara Iguana bagi pemula khususnya memelihara bibit Iguana bergantung pada kualitas bibit yang kamu pilih. Oleh karena itu silahkan pilih bibit Iguana yang benar-benar unggul agar tidak terlalu membuat beban ketika memeliharanya.

2. Tempat Budidaya Iguana

Sejatinya keberhasilan membudidayakan hewan ini bergantung pada cara merawat Iguana yang baik dan benar. Hal yang juga penting dalam melakukan perawatan juga didukung oleh tersedianya kandang yang berkualitas. Cara memelihara Iguana bagi pemula dalam hal pembuatan kandang cukup mudah kok.

Sebelum itu perlu kamu ketahui bahwa ukuran kandang harus disesuaikan dengan panjang tubuh si hewan. Iguana dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 152-213 cm sehingga usahakan luas kandang mencukupi. Berikut langkah-langkah pembuatan kandang yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Buat kerangka kandang

Untuk kerangka kandang Iguana kamu dapat membuatnya dari kayu atau pipa PVC. Potong sesuai dimensi atau ukuran yang kamu sudah sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran Iguana nantinya ketika dewasa. Paku dan lem kerangka tersebut sesuai desain. Jangan lupa berikan pintu guna keluar masuk si Iguana.

  • Pakai sealant kayu yang berbahan dasar dari air

Untuk ini khusus jika kamu ingin menggunakan kerangka dari kayu guna mencegah pelapukan. Pemakaian Sealant ini bertujuan untuk membuat kayu lebih gampang untuk dibersihkan.

  • Rekatkan jarring pada tiap sisi kandang dengan stapler

Pastikan untuk kamu tidak meninggalkan rekatan lubang yang ukurannya lebih besar dari 1,27 cm di dinding nya.

  • Gunakan Lampu Penghangat

Hal ini juga bisa menjadi salah satu alternative cara menjinakan Iguana agar jinak. Perlu kamu ketahui Iguana yang liar karena dia merasa kurang diperhatikan sehingga menjadi agresif. Nah, jika kamu memberikan penerangan ini maka Iguana akan merasa tenang dan selalu hangat suhu tubuhnya. Sumber panas tidak boleh lebih dari 20 cm di atas kandang Iguana ya. Agar si Iguana tidak merasa terlalu panas.

  • Pasang papan rak atau dahan dalam kandang

Ini bertujuan untuk si Iguana dapat membiasakan diri memanjat sehingga dapat hidup lebih kreatif.

3. Pakan Iguana

Iguana ialah hewan Herbivora sehingga hewan ini dominan memakan buah-buahan, sayuran serta berbagai produk tertentu. Cara merawat Iguana dalam hal pemberian pakan tidak boleh sembarangan. Berikut pakan Iguana yang perlu kamu ketahui:

  • Sayuran berwarna Oranye atau kuning, misal wortel atau labu
  • Ketela
  • Pisang
  • Selada air
  • Kacang hijau
  • Lobak jenis hijau

Oh iya perlu kamu ingat bahwa kamu perlu memberikan kombinasi makanan ya. sehingga tidak melulu itu-itu saja, seperti:

– 45% tumbuhan

– 40% Janis sayuran

– 10% buah

5% protein

4. Cara Merawat Iguana

Cara merawat baby Iguana hijau dan merah biar cepat besar sangatlah bergantung pada perhatian dan kasih sayang mu setiap hari. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Kamu harus tau betul kandungan gizi pada makanan Iguana, beri pakan secara rutin
  • Pastikan ketersediaan air sebagai minuman yang kamu taruh dalam kandang tercukupi
  • Jangan lupa rutin untuk membersihkan kandang
  • Atur suhu kandang yakni 26 hingga 29 derajat
  • Selalu cek kesehatan Iguana rutin

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Iguana

Cara menjinakan Iguana agar jinak bergantung pada perawatan kamu. Jangan sampai kamu salah atau bahkan tidak tau bagaimana merawat Iguana. Jika tidak, maka kamu akan mengalami kegagalan dalam merawat Iguana. Cara merawat baby Iguana hijau dan merah biar cepat besar memang gampang-gampang susah. Inilah penyebab kegagalan ketika merawat Iguana:

  • Pemberian suhu yang terlalu terang atau panas sehingga dapat merusak kulit Iguana dan gagal dalam berkembang lebih baik
  • Iguana terserang penyakit yang sudah telat untuk disembuhkan
  • Gizi yang diberikan buruk sehingga proses perkembangan terganggu hingga gagal tumbuh dengan baik
  • Infeksi bakteri karena kurangnya kebersihan juga menyebabkan kegagalan dalam proses budidaya

6.  Harga Bibit dan Harga Jual Iguana

Kelompok hargaHarga Iguana (Rp)Sumber
Iguana green mix colomb500.000https://www.tokopedia.com/bersihkuat/
Baby Green Iguana columbia450.000https://www.tokopedia.com/daino/
Iguana Green ukuran 45 cm450.000https://www.tokopedia.com/daino/
Iguana baby green uk-+30cm350.000https://www.tokopedia.com/sandalbarokah/

Demikian artikel mengenai cara merawat Iguana ini semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *