Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

2 min read

cara merawat burung hantu celepuk

Cara merawat burung hantu celepuk ini susah susah gampang. Menurut Nonaternak, burung hantu yang baru ditangkap memiliki tingkat stres yang tinggi. Meskipun begitu ada beberapa keunggulan yang dimiliki burung hantu tersebut, salah satunya adalah burung tersebut mandiri sehingga tidak terlalu menyulitkan pembudidaya nya.

Sekarang mulai banyak orang melakukan ternak burung, entah untuk dijadikan ladang bisnis atau sekedar memenuhi hobi saja. Burung yang kini sedang diburu oleh para pembudidaya burung adalah burung hantu celepuk. Di artikel kali ini akan membahas mengenai cara merawat burung hantu celepuk beserta beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya.cara merawat burung hantu celepuk

Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Burung hantu adalah salah satu burung yang aktif melakukan aktivitas di malam hari sehingga disebut sebagai hewan nokturnal. Hewan tersebut memiliki beberapa jenis salah satunya adalah jenis burung hantu celepuk. Tetapi sebelum melakukan budidaya harus mengetahui dulu tentang bagaimana cara menjinakkan burung hantu liar yang baru dibeli karena jika tidak dijinakkan maka burung akan agresif dan sedikit berbahaya untuk dibudidayakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan cara budidaya burung hantu celepuk.

1. Pemilihan Bibit Burung Hantu Celepuk

Saat melakukan budidaya burung hantu celepuk, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenai bagaimana cara memilih bibit yang baik untuk dibudidayakan. Kriteria bibit burung hantu celepuk yang berkualitas yaitu bibit memiliki kondisi tubuh yang baik dan sehat, usahakan bibit yang dipilih berasal dari induk yang berkualitas.

Selanjutnya bibit memiliki penglihatan yang tajam dan nafsu minum dan makan yang tinggi. Bibit memiliki bulu yang tidak rontok, dan aktif beraktivitas. Jenis bibit burung hantu celepuk ini dapat kamu dapatkan dari membeli atau dari indukan yang dibudidayakan sendiri.

2. Tempat Budidaya Burung Hantu Celepuk

Dalam cara merawat burung hantu celepuk, tempat budidaya juga harus diperhatikan dengan jeli agar si burung merasa nyaman dan tidak stres. Untuk ukuran kandang sendiri sebenarnya tergantung dari banyaknya burung yang tinggal di tempat tersebut. Kandang berukuran 1 meter x 0,5 meter dapat diisi dengan 1 ekor burung hantu celepuk.

Langkah langkah untuk membuat tempat budidaya burung hantu celepuk yakni:

  1. Buat desain awal untuk tempat budidaya agar saat mengerjakannya lebih terarah dan pilih tempat yang tepat untuk meletakkan tempat budidaya tersebut.
  2. Selanjutnya, siapkan bahan dan alat yang digunakan. Adapun bahan yang digunakan yakni engsel, papan kayu, paku, dan cat (kalau mau kandangnya terlihat bagus). Sedangkan alatnya yaitu palu, gergaji, dan obeng.
  3. Kemudian buat kerangka kandang dengan kayu melalui bantuan alat gergaji.
  4. Jika kerangka kandang sudah selesai, lalu berikan engsel pada pintu kandang dengan menggunakan obeng.
  5. Lalu lapisi cat atau vernis agar kandang terlihat cantik. Kandang sudah jadi!

3. Pakan Burung Hantu Celepuk

Burung hantu celepuk membutuhkan porsi makan yang bergizi guna menunjang kehidupannya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Asupan pakan bernutrisi juga harus dilakukan dalam cara memelihara burung hantu anakan karena pertumbuhannya agar cepat besar. Kandungan nutrisi minimal yang harus ada dalam pakan burung hantu celepuk adalah karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan zat besi.

Pakan yang dapat diberikan dalam cara merawat burung hantu celepuk yakni jangkrik dan ulat dengan cara menyuapinya tepat di mulutnya. Dalam memberi pakan sebaiknya dilakukan tiga kali sehari (sore, siang, pagi).

4. Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Dalam perawatan burung hantu celepuk harus benar dan tepat. Beberapa metode cara merawat burung hantu celepuk agar dapat tetap hidup yakni jika ada burung yang sakit maka segera berikan obat atau vaksin. Selanjutnya pisahkan burung yang sakit dari kelompok burung yang lain agar tidak menulari.

Berikan makanan bergizi dalam dosis yang tepat, pemilihan bibit juga tidak boleh dianggap remeh agar menghasilkan indukan yang berkualitas. Pembersihan kandang dapat dilakukan minimal tiga kali sehari.

Adapun cara memelihara burung hantu anakan pada dasarnya sama dengan merawat burung yang dewasa, namun pada burung hantu anakan sebaiknya diberi vitamin tambahan dan perhatian lebih agar pertumbuhannya sehat.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Burung Hantu Celepuk

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam ternak burung hantu celepuk, yaitu kurangnya kebersihan kandang yang dapat mengundang berbagai kuman dan virus yang dapat mengganggu kesehatan si burung.

Makanan yang diberikan tidak memenuhi standar gizi untuk si burung. Adanya wabah besar-besaran yang dapat menyebabkan burung mati. Kondisi kandang yang panas dapat menghambat kenyamanan si burung. Serta cara menjinakkan burung hantu liar yang baru dibeli tidak boleh salah agar burung tersebut mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Burung Hantu Celepuk

Kelompok hargaHarga burung hantu celepuk (Rp)Sumber
Burung hantu celepuk dewasa150.000Sudut Kebun
Burung hantu celepuk anakan140.000Alwan Pets
Burung hantu celepuk dengan  dewasa125.000Sentra Budidaya

Harga tersebut dapat sewaktu waktu berubah sesuai pangsa pasar, populasi burung hantu celepuk yang dijual, dan umur burung hantu celepuk.

Nah, itu tadi artikel mengenai cara merawat burung hantu celepuk, semoga dapat membantu!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Super N

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Ternak Walet

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *