Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Mengobati Kucing Flu

2 min read

cara mengobati kucing flu

Menjaga kucing peliharaan yang paling kamu sayangi agar tetap sehat ialah merupakan hal yang paling penting. Oleh karena itu jika kamu ingin kucing peliharan kamu tetap sehat maka kamu juga harus selalu rutin memantau kesehatan kucing. Cara mengobati kucing flu akan cepat berhasil jika kamu rutin dan perhatian dengan kucing.

Kali ini Nonaternak akan mengupas tuntas mengenai hal tersebut. Sejatinya ada banyak cara mengobati kucing flu yang bisa kamu lakukan. Cara-cara ini usahakan kamu lakukan dengan penuh kasih sayang dan dengan perhatian ya agar si kucing juga bisa cepat sembuh.

cara mengobati kucing sakit flu

Cara Mengobati Kucing Flu

Waspadalah ketika kucing kamu mulai sakit, sebetulnya ada beberapa tanda atau ciri-ciri jika kucing kamu sedang sakit atau flu. Tanda-tanda tersebut misal seperti kucing sering bersin, hidung berlendir, mata yang terlihat agak merah serta berair, dan sebagainya. Itu berarti kucing kesayanganmu sedang terkena flu. Untuk mengatasi kucing flu tanpa ke dokter maka kamu bisa menyembuhkannya sendiri. Berikut beberapa cara terbaik dalam mengobati kucing jika terserang flu. Yuk, disimak!

1. Jangan Memandikannya Terlebih Dahulu

Kebersihan tubuh kucing memnag merupakah hal yang paling penting untuk dilakukan. Namun jika dirasa kucing sedang flu nah kamu jangan sekali-kali memandikannya ya. Hal tersebut bukan malah membuat kucing tambar bugar melainkan kondisi lkesehatan yang akan lebih parah. Ketika kucing flu usahakan untuk menjaga suhu tubuh si kucing gar tetap hangat.

Jika kamu ingin melihat kucing tetap bersih namun tidak dengan memandikannya, maka kamu bisa menggunakan lap yang sudah dibasuh air hangat ke seluruh tubuh kucing. Lakukan secara menyeluruh terutama ke bagian lubang-lubang pada tubuh si kucing.

2. Gunakan Obat Kucing Flu Terbaik

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing dan mempercepat proses penyembuhan maka kucing perlu diberi obat yang tepat. Ada sangat banyak obat di pasaran sehingga kadang bingung dalam menentukan pilihan.

Nonaternak sudah merangkumkan beberapa obat kucing flu terbaik yang bisa digunakan. Pemilihannya berdasarkan pada kondisi kucing ketika sakit.

Kamu bisa membaca obat terbaik untuk mengobati kucing flu di obat kucing flu.

3. Mengobati Kucing Flu secara Alami dengan Pakan Bernutrisi

Untuk menjaga kucing mu agar tetap tumbuh sehat maka disarankan untuk selalu memberikan pakan yang tinggi akan nutrisi dan vitamin. Jika kucing terkena flu usahakan juga untuk segera membuatnya dalam keadaan pulih kembali. Ketika sedang sakit, kucing membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang lebih besar.

Oleh karena itu berikanlah ia makanan yang memiliki kandungan vitamin B agar kembali sehat dan tidak lesu. Ketika kucing flu usahakan juga untuk memberikan jarak atau kandang terpisah dengan kucing kamu yang lainnya tujuannya agar tidak tertular flu.

4. Bersihkan Mata, Tubuh, dan Hidung jika Pilek dan Batuk

Ketika dalam kondisi sakit flu kamu harus lebih ekstra atau lebih dalam proses perawatan. Bersihkan kotoran yang ada pada hidung, dan mata  yang berlendir. Sehingga kamu dituntut untuk tetap menjaga kebersihan setiap bagian tubuh kucing. Proses perawatn ini tidak hanya ketika kucing sakit saja ya, melainkan juga maksimalkan perawatan ketika kucing kembali pulih.

Perlu kamu ketahui bagian mata serta hidung kucing yang sedang flu kadang lebih sering mengeluarkan kotoran ya karena kucing sedang mengalami peradangan akibat virus. Jadi intinya kamu harus lebih rajin membersihkan dan jangan malas agar kucing yang mengalami hidung tersumbat bisa segera normal kembali.

5. Berikan Istirahat yang Cukup Bagi Kucing

Cara alami mengobati kucing batuk atau flu ialah dengan cara memberikan waktu istirahat yang cukup bagi kucing. Layaknya manusia, kucing juga butuh istirahat ya, khususnya jika kucing sedang sakit seperti ini. Dengan beristirahat tujuannya agar kondisi kesehatan kucing lebih cepat untuk pulih da sembuh. Usahakan kamu perhatikan tempat tidur kucing apakah sudah nyaman atau ada sesuatu yang harus segera dibenahi.

Biasanya kucing yang sedang sakit akan merasa lebih sensitive masalah tempat tidur atau kandangnya. Oleh karena itu berikan kenyamanan yang bagus untuk si kucing. Cara mengobati kucing flu dengan beristirahat yang cukup dan selalu membersihkan kandang sehingga dalam keadaan bersih akan membantu mempercepat kondisi kesehatan kucing.

6. Jemur Kucing Ketika Pagi Hari

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh manusia ketika flu ialah dengan berjemur. Nah dalam hal ini kucing sama dengan manusia. Silakan kamu jemur kucing antara jam 9 hingga jam 11 siang ya. Dengan berjemur bisa membantu membunuh kuman-kuman yang ada pada kucing serta dapat menghangatkan tubuh si kucing. Jemurlah kucing dengan durasi waktu 10 hingga 15 menit saja ya, tidak perlu lama-lama.

Sinar matahari ketika pagi hari sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dalam membantu memulihkan keadaan kucing menjadi lebih baik. Ketika berjemur juga usahakan selalu berikan usapan-usapan lembut pada bulu halusnya agar si kucing merasa nyaman dan mendapat perhatian dari si pemiliknya. Jika begitu kucing juga akan merasa nyaman untuk dijemur di luar ruangan.

Demikian yang bisa Nonaternak ulas mengenai cara mengobati kucing flu. Ingat, flu memang bukanlah suatu penyakit yang berbahaya akan tetapi jika tidak segera disembuhkan akan sangat mengganggu kenyamanan. Perlu juga untuk melakukan deteksi dini pada penyakit kucing.  Jadi, selamat mempraktekkan!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Obat Kucing Flu

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Mainan Kucing

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *