Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Mengobati Kucing Demam

3 min read

cara mengobati kucing demam

Cara mengobati kucing demam terkadang banyak yang belum mengetahui. Sudah menjadi kepastian jika kucing sedang demam lebih baik dibawa ke dokter hewan agar cepat tertangani. Namun ada kok penanganan demam pada kucing yang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi ke dokter hewan

Nah untuk itu, Nonaternak kali ini akan membahas tentang cara mengatasi demam yang terjadi pada kucing. Pembahasan cara mengobati kucing demam ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tanpa berlama-lama lagi, yuk segera simak artikelnya supaya kamu paham!

cara meredakan demam kucing tanpa ke dokter

Cara Mengobati Kucing Demam

Ada 2 penyebab demam pada kucing yaitu pyrexia dan hipertermia. Pyrexia adalah respon tubuh kucing secara alami karena sedang bekerja keras melawan penyakit di dalam tubuhnya. Sedangkan hipertermia merupakan paparan suhu panas yang berlebihan, intinya jangan anggap sepele kucing yang sedang demam karena bisa mengakibatkan kerusakan otak si meong.

1. Berikan Makanan Dan Air Minum Yang Banyak

Setelah memastikan bahwa kucing benar-benar terkena demam sebaiknya segera lakukan cara menangani kucing demam. Demam akan menguras tenaga si kucing jadi berikan makanan yang lunak agar mudah mengunyahnya.

Jika masih tidak mau makan kamu bisa memberinya susu pengganti makanan kucing supaya energinya tetap terjaga dan kondisinya tidak semakin memburuk. Kamu bisa memberikan susu ini sebanyak 5-10cc pada kitten dan kucing dewasa.

Untuk mempermudah pemberian susu penganti makanan kamu bisa menggunakan alat bantu suntikan yang tidak ada jarumnya. Letakkan ujung suntikan pada sudut mulut kucing kemudian secara otomatis kucing akan menelannya. Cara yang lain adalah memberinya suplemen dengan kandungan kalori tinggi supaya mau makan lagi.

Apabila kucing sudah mau makan maka jangan lupa cara menangani kucing demam dengan memberinya minum air putih yang cukup. Terkadang penyebab demam pada kucing terjadi karena dehidrasi sehingga harus mendapatkan banyak minum. Jika demam disertai muntah dan diare, tambahkan larutan elektrolit anak untuk membantu menurunkan suhu tubuh atau mengembalikan keseimbangan elektrolit.

2. Memberi Obat Demam Kucing Yang Aman

Sebagian besar catlovers pasti sudah tahu bahwa ada obat kucing demam yang aman. Namun kali ini aku akan memperjelas lagi obat tersebut.

List obat kucing demam terbaik sudah dibahas di Obat Kucing Demam.

Pertama ada Asam tolfenamic atau tolfedine, obat ini merupakan anti demam atau anti radang. Kamu bisa membeli Asam tolfenamic dalam bentuk tablet 6 mg. Dosis yang dianjurkan antara 3-5 hari untuk setiap 1,5 kg berat kucing, berikan 1 kali saja setiap hari.

Kemudian ada Meloxicam yang sudah mulai digunakan untuk obat anti demam kucing. Sebelum menggunakan meloxicam sebaiknya mintalah resep dokter karena obat ini aman digunakan tetapi harus lewat resep dokter.

Meloxicam hanya bisa kamu berikan pada kucing yang tidak mengalami dehidrasi. Hal ini karena bisa menyebabkan gangguan ginjal.

Kemudian ada Enchinacea yang dipercaya bisa menurunkan demam pada kucing. Enchinacea merupakan ramuan anti mikroba yang bisa menurunkan demam dengan dosis 1 tetes per pon berat badan kucing. Berikan 2 kali sehari agar suhu tubuh kucing bisa turun.

3. Cara Mengobati Kucing Demam dengan Vitamin C

Sama halnya dengan manusia, obat kucing demam pun harus bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya saat demam. Salah satu caranya adalah memberikan vitamin c. Vitamin C memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab kucing demam.

Cara mengobati kucing demam dengan vitamin c sangat mudah untuk dilakukan. Pertama siapkan 1 tablet vitamin C dan syringe, hancurkan 1 tablet vitamin C lalu masukkan kedalam syringe. Tambahkan sedikit air hangat untuk melarutkan vitamin C dan berikan pada kucing sebanyak 1-2 kali sehari.

4. Letakkan Kucing di Ruangan Uap

Hal ke 4 yang bisa kamu lakukan untuk cara meredakan demam kucing tanpa ke dokter adalah dengan menempatkan kucing di ruang uap. Kucing yang menghirup uap hangat cenderung akan rileks dan membantu mengurangi demam.

Membuat uap di rumah sangat mudah, tinggal nyalakan showe air panas di kamar mandi lalu tutup pintu kamar madi dan diamkan sampai terisi uap. Lalu masukkan kucing ke kamar mandi dan diamkan selama 10 menit. Ulangi 2-3 kali sampai demam menurun.

5. Pemberian Cuka Sari Apel

Cara meredakan demam kucing tanpa ke dokter yang kedua adalah memberikan cuka sari apel yang dicampur dalam makanan kucing. Selain meredakan demam, Cuka Sari Apel juga bisa menambah nafsu makan kucing sehingga rekomemded untuk kucing yang sedang demam dan tidak mau makan. Cara kerja cuka sari apel akan membunuh pantogen penyebab demam dan menyeimbangkan pH.

Cara pembuatannya sangat mudah yaitu tinggal campurkan ½ sendok teh cuka sari apel pada makanan kucing kemudian aduk sampai rata. Berikan 2 kali sehari, namun jika menolak gunakan suntikan tanpa carum untuk membantu memberikannya.

6. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda memang memiliki khasiat yang ampuh untuk cara mengatasi kucing demam dan lemas. Manfaat air kelapa muda memang lumayan banyak, yaitu menetralisir racun, menurunkan demam, mengganti cairan tubuh dll. Pokoknya wajib banget gunakan air kelapa muda untuk menurunkan demam kucingmu hehe.

Siapkan cara mengobati kucing demam air kelapa muda yang masih fresh dan alat suntik tanpa jarum. Sedot air kelapa muda kedalam alat suntik tanpa jarum tersebut lalu minumkan pada kucing. Lakukan setiap siang dan sore hari saja.

7. Cara Mengobati Kucing Demam dengan Madu

Gunakan madu dalam cara mengobati kucing demam. Hal ini karena madu mengandung propolis yang berguna untuk mensteril serangan bakteri, jamur dan virus. Sehingga madu berkhasiat untuk mengatasi penyakit kucing seperti demam, batuk, muntah-muntah, penyakit kulit, mata berair, diare dan menyembuhkan luka.

Berikan sebanyak ½ -1 sendok the kemudian masukkan ke mulut kucing menggunakan alat suntik tanpa jarum. Pemberiannya dapat kamu lakukan sebanyak 1-2 kali sehari untuk kucing dewasa.

8. Mengusapkan Alkohol ke Tubuh Kucing

Untuk cara mengatasi kucing demam dan lemas menggunakan alkohol sebaiknya tetap berhati-hati supaya tidak terjilat kucing. Nah untuk itu ada cara mudah dan amannya yaitu tuangkan sedikit alkohol ke telapak tangan lalu usap-usapkan terlebih dahulu ke tangan kita. Setelah itu usapkan ke bagian leher, ketiak dan perut kucing.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Susu SGM Untuk Kucing

Hendrasap Hendrasap
3 min read