Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Maggot

2 min read

Cara budidaya maggot

Jijik, mungkin itu anggapan awal ketika mendengar soal cara budidaya Maggot, tetapi bagi Nonaternak, duitnya sedap wkwk. Maggot atau dikenal sebagai belatung merupakan hewan yang biasa ditemukan di tempat yang lembab. Akhir-akhir ini ada orang yang membudidayakannya sebagai pakan hewan ternak karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Cara budidaya lalat bsf sebenarnya gampang-gampang sudah dan butuh kehati-hatian.

Ada berbagai cara ternak maggot yang bisa Anda terapkan agar menghasilkan dalam jumlah banyak. Salah satunya adalah memanfaatkan ampas tahu. Cara budidaya maggot dari ampas tahu tergolong cukup praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.cara budidaya maggot

Cara Budidaya Maggot

Ampas tahu seringkali dimanfaatkan untuk diolah kembali menjadi produk pangan atau pun sumber pangan hewan ternak. Penggunaan ampas tahu untuk mengundang lalat bsf sangatlah tepat mengingat baunya cukup tajam. Penambahan alternatif bahan lain akan menambah lalat bsf lebih cepat berdatangan dan bertelur.

1. Jual bibit maggot BSF Terbaik

Jika tujuan budidaya maggot untuk pakan, maka lalat bsf merupakan pilihan yang tepat. Proses perubahan dari telur ke larva atau pun prepupa membutuhkan waktu yang singkat. Cara budidaya maggot bsf ini tergolong mudah dan hasilnya akan memberikan banyak keuntungan.

2. Kandang Maggot dan Media Budidaya

Wadah yang dibutuhkan dalam cara beternak maggot diantaranya adalah ember berukuran besar yang bentuknya memanjang. Lubangi terlebih dahulu ember yang akan dijadikan wadah dengan ukuran 1-2 cm. Pastikan jarak antar lubang satu tidak terlalu dekat atau pun jauh agar cara budidaya belatung ini berhasil.

Sterilkan wadah tersebut dengan dicuci menggunakan air panas sampai bersih sebagai syarat dalam cara budidaya belatung yang benar. Pasanglah tali ke ember tadi untuk digantungkan di tempat tertentu dengan target para lalat. Cara beternak maggot ini bertujuan untuk memudahkan lalat dalam bertelur.

3. Pakan Maggot BSF

Dalam cara budidaya maggot dari ampas tahu ini Anda perlu bersabar menunggu para lalat bertelur di wadah. Agar para lalat cepat bertelur, campurkanlah ampas tahu tadi dengan ikan asin. Cara budidaya lalat bsf menggunakan ampas tahu dan ikan asing ini tergolong paling cepat mendatangkan lalat.

Anda juga bisa membuat bahan pakan alternatif lain di sekitar wadah. Adapun campuran pakannya adalah dedak, air, gula dan EM4. Tambahkan alternatif pakan tersebut di sekitar wadah atau masukan ke dalam sedikit demi sedikit.

4. Cara Budidaya Maggot BSF

Adapun posisi yang dimaksudkan dalam cara budidaya maggot bsf adalah posisi ember tersebut. Jauhkan dari jangkauan binatang seperti anjing dan hewan lain yang tertarik. Untuk keamanan buatlah pagar pengaman pada sekeliling wadah.

Jika dalam budidaya maggot mengalami gangguan, segeralah memindahkannya ke tempat yang lebih aman. Jangan sampai Anda mengganggu para lalat karena akan menyebabkan cara ternak maggot ini mengalami kegagalan. Oleh karena itu, pastikan lokasi penempatannya aman agar cara budidaya belatung agar berhasil.

Budidaya maggot yang perlu diperhatikan adalah dalam proses perawatan wadah. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam cara ternak maggot ini nantinya akan menghasilkan bau kurang sedap. Adapun cara menghilangkan baunya adalah menggunakan formula probiotik khusus tanpa memberikan efek pada larva lalat.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Maggot BSF

Cara budidaya maggot dari ampas tahu bukan perkara yang mudah dan beberapa kali ditemukan kegagalan. Kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh pemilihan wadah yang kurang tepat serta proses membuat lubang kecil pada wadahnya. Kegagalan dalam cara beternak maggot bisa juga disebabkan karena terlalu banyaknya telur yang tertumpuk.

6. Harga Bibit Maggot dan Harga Jual Bibit Maggot BSF

Adapun harga jual dari maggot terbagi atas 2 macam, yaitu harga maggot itu sendiri dan prepupa. Jika cara budidaya maggot sudah dilakukan dengan baik, maka harga maggot akan dihargai sekitar Rp10.000,- per kg. Sedangkan untuk harga prepupa diberandol seharga Rp50.000,- hingga Rp100.000,- per kg.

 

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *