Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Lebah Madu

2 min read

Cara budidaya lebah madu

Lebah madu ini antara ternak atau budidaya, Nonaternak belum tahu pasti. Anda mungkin saja ingin tahu bagaimana cara budidaya lebah madu. Hal ini karena lebah madu dapat menghasilkan banyak produk. Selain madu, ada lilin lebah, propolis, pollen (tepung sari), serta royal jeli. Dulu jika ingin semua itu, harus pergi ke hutan lalu membakar sarang untuk diambil hasilnya.

Keturunan lebah akan putus jika menggunakan cara itu. Beternak lebah adalah jalan terbaik. Cara ternak lebah madu juga cukup mudah dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan cara beternak lebah madu yang bisa menjadi inspirasi. Simak setiap detail cara budidaya lebah madu ini ya.Cara Budidaya Lebah Madu

Cara Budidaya Lebah Madu

Anda yang berniat untuk beternak lebah madu perlu paham cara beternak lebah madu yang tepat. Cara ternak lebah madu sebetulnya sama dengan beternak lebah atau tawon pada umumnya. Berikut cara budidaya lebah madu yang bisa dijadikan pedoman

1. Bibit Lebah Madu Unggul

Cara ternak lebah madu yang pertama adalah mencari bibit lebah madu. Ada 2 cara mencari langsung di alam, atau membelinya. Jika mencarinya di alam yang perlu diketahui adalah cara memancing lebah madu masuk kotak (kandang).

Cara memancing lebah madu masuk kotak diawali dengan memilih lingkungan yang mendukung. Pastikan di sekitar kotak pancingan tersedia cukup sumber makan lebah madu seperti di daerah pegunungan atau area pohon berbunga. Cara menarik lebah madu masuk kotak selanjutnya adalah membuat glodok dari kayu kelapa yang sebelumnya diolesi perasan madu lebah.

Selanjutnya cara memancing lebah masuk kotak hanya tinggal tunggu saja sampai kotak terisi lebah madu yang bersarang di glodok. Mencari bibit lebah madu juga bisa dengan cara membelinya langsung. Pilih bibit lebah madu unggulan seperti Cerana (lokasi) atau yang impor yaitu Mellifera.

2. Cara Membuat Kotak Lebah Madu

Cara budidaya lebah madu selanjutnya adalah membuat kandang. Untuk kandang sendiri rata-rata berbahan dasar kayu. Cara membuat kotak lebah madu diawali dengan mempersiapkan bahan kayu, bambu, atau bahan lain namun harus yang punya ketebalan tinggi.

Selanjutnya untuk cara membuat kotak lebah madu adalah menyatukan papan papan kayu membentuk kotak dengan ukuran 30x30x20cm. Kandang lebah madu diberikan alas dengan ukuran sekitar 54x41cm. Cara membuat kotak lebah madu yang terakhir adalah memberikan lubang di bagian depan  untuk sirkulasi udara serta jalan lalu lalang lebah.

3. Pakan Lebah Madu

Soal pakan, anda tidak perlu harus mengeluarkan uang banyak. Saya sarankan kandang lebah madu sebaiknya diletakkan pada area kebun bunga atau taman. Bunga-bunga tersebut lah yang akan menjadi pakan lebah madu. Pemberian pakan yang tepat juga termasuk cara beternak lebah madu yang perlu diperhatikan.

4. Cara Budidaya Lebah Madu untuk Pemula

Cara memelihara lebah madu juga tergolong mudah. Untuk cara memelihara lebah madu paling penting adalah selalu bersihkan stup atau kandang dari kotoran dan semut. Kemudian selalu amati lebah madu, jika umpama ada yang terserang sakit, segera pisahkan dengan yang lain.

Cara memelihara lebah madu yang tidak kalah penting adalah gembalakan lebah tersebut. Sesuaikan dengan lokasi dimana banyak terdapat bunga yang sedang mekar.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Lebah Madu

Penyebab kegagalan budidaya lebah madu salah satunya adalah hama dan predator seperti semut atau serangga tabunan. Untuk itu, pembudidaya harus selalu melakukan pemberantasan hama tersebut dengan rajin-rajin membersihkan kandang. Selain itu kegagalan budidaya lebah madu juga bisa disebabkan karena cuaca yang tidak menentu.

6. Harga Madu dan Harga Bibit Lebah Madu

Hasil budidaya lebah madu yang paling diminati tentu saja madunya. Banyak sekali manfaat dari madu murni terutama untuk kesehatan. Harga madu murni yang dihasilkan oleh lebah madu saat ini sekitar Rp150.000,- per kilo.

Dari cara budidaya lebah madu yang paling penting adalah mencari bibit unggul yang berkualitas. Memang bisa diperoleh dari alam, namun zaman sekarang banyak juga yang menyediakan bibit lebah madu siap ternak. Harga bibit lebah madu saat ini rata-rata sekitar Rp150.000,- dengan berat 1.200 gram.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

2 Replies to “Cara Budidaya Lebah Madu”

  1. Assalaamualaikum.,
    Saya ingin mencoba budidaya lebah
    mohon infonya tentang Tempat dan biaya pelatihannya.
    Dimana tempat pembelian bibit lebah madu?
    Terimakasih.

    1. Waalaikumsalamwarahmatullohiwabarokatuh. Mohon maaf baru merespons. Bapak lokasi ada di daerah mana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *