Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Kepiting

2 min read

cara budidaya kepiting

Pernahkah kamu kepikiran untuk melakukan suatu usaha budidaya kepiting? Jika iya, maka ulasan ini sangat cocok untuk kamu. Sejatinya memelihara kepiting bukanlah sesuatu yang sulit jika sebelumnya kamu sudah paham betul mengenai cara budidaya yang benar. Jika kamu menerapkan beberapa cara budidaya kepiting berikut maka usaha budidaya kamu akan sukses.

Kali ini Nonaternak akan mengulas seputar informasi tersebut. Cara budidaya kepiting tidak perlu merogoh kocek kamu terlalu dalam ya. Kamu hanya butuh telaten dan rutin melakukan perawatan agar hasil panen melimpah ruah.

cara budidaya kepiting ternak

Cara Budidaya Kepiting

Kepiting termasuk anggota krustasea yang memiliki tubuh yang terlindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, serta memiliki senjata dengan sepasang capitnya. Kepiting memiliki nama lain yakni ketam. Perlu kamu ketahui bahwa kepiting bisa hidup pada air tawar. Beginilah cara budidaya kepiting yang benar!

1. Pemilihan Bibit Kepiting

Jika kamu sekarang ingin menjalankan suatu budidaya kepiting, maka wajib hukumnya mengetahui bagaimana trik dan tips ketika memilih bibit yang unggul dan berkualitas.

Usahakan kamu untuk benar-benar dapat melihat serta membedakan kriteria bibit yang unggul dengan bibit yang kurang berkualitas. Seperti apa saja kriteria bibit kepiting unggul itu?

Beberapa jenis kepiting ialah seperti kepiting bakau dan kepiting soka. Masing-masing jenis kepiting tersebut akan berhasil kamu kembangkan jika cara-cara yang kamu lakukan dalam budidaya sudah betul.

Penyediaan bibit dapat kamu peroleh dari perairan alami langsung atau proses pembenihan. Namun, faktor mortalitas pada proses pembenihan ini lebih tinggi sehingga bibit dari perairan alami lebih menjadi favorit.

Ada beberapa kriteria pemilihan bibit yang bagus yang bisa kamu pilih. Berikut ini merupakan cara memilih bibit kepiting yang unggul dan berkualitas:

  • Kamu harus bisa memastikan bahwa bibit berasal dari indukan yang cukup sehat, serta aktif terhadap lingkungan
  • Untuk mendapatkan bibit yang kepiting kamu bisa menempuh dua cara, cara yang pertama yaitu pemijahan atau penetasan telur kepiting. Nah sedangkan cara yang kedua yakni dengan membelinya di toko bibit.
  • Memiliki tubuh yang normal dengan tidak adanya cacat pada organnya
  • Cangkang yang keras dan memiliki warna tidak pudar
  • Kaki yang kokoh untuk berjalan

2. Tempat Budidaya Kepiting

Setelah kamu dapat membedakan bibit mana yang bagus, nah selanjutnya kamu perlu memikirkan masalah tempat hidup atau tempat budidaya si kepiting. Buat kepiting agar nyaman mengingat hewan yang satu ini hidup di darat serta air. Kamu bisa membudidayakannya di kolam terpal, kolam beton atau bahkan akuarium agar lebih praktis ya.

Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika menentukan tempat budidaya:

  • Sebagai langkah awal tentukan dulu lokasi
  • Pilih lahan yang luas, dengan ketersediaan air yang mencukupi.
  • Kamu dapat menggunakan air sumur sebagai pengganti air laut untuk hidup kepiting.
  • Usahakan jangan memilih lahan budidaya yang rawan banjir ataupun bencana alam lainnya
  • Silakan buat petakan berukuran minimal 4 x 3 m. Kamu juga bisa menyesuaikan besarnya kolam dengan banyaknya kepiting yang ingin kamu budidayakan.
  • Siapkan juga peralatan bajag dan alat gali serta beberapa bahan lain seperti kapur, pupuk kandang matang, bambu, martil, dan paku.

3. Pakan Kepiting

Ketika kamu memilih untuk membudidayakan kepiting, maka pemberian pakan juga sangat perlu untuk kamu perhatikan. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam pemberian pakan ya, agar hasil panen bisa memuaskan. Pakan kepiting ternyata sangat mudah untuk kamu cari ya.

Ada beberapa pilihan pakan untuk kepiting agar tumbuh dengan gemuk. Berikut pilihan pakan kepiting yang perlu kamu ketahui:

  • Ikan asin
  • Ubi
  • Ikan kecil
  • Pelet
  • Ikan rucah
  • Plankton cair
  • Cincangan siput

4. Cara Budidaya Kepiting

Ada 6 cara ternak kepiting yang wajib kamu ketahui agar usaha budidaya kamu lancar. masing-masing cara ini perlu kamu lakukan dengan perhatian khusus ya. Berikut cara pembudidayaan kepiting:

  • Beri Pakan

Jika kamu ingin kepiting ini gemuk dan memiliki daging yang banyak, silakan berikan pakan yang rutin dan bernutrisi untuk si kepiting. Kamu bisa berikan pelet atau pakan jenis lainnya. Berikan porsi yang sesuai dengan jumlah kepting yang ada.

  • Lakukan penyortiran

Langkah pertama kamu harus membuat rumah kepiting terlebih dahulu. Rumah ini bisa kamu buat dengan menggunakan boks kepiting yang besar. Selain itu tentukan atau pilah sejak awal seperti beratnya, standar kualitas, kualitas daging, apakah cangkang masih bagus dan sebagainya. Kepiting yang mati segera jauhkan dan buang.

  • Lokasi Budidaya

Ternyata lokasi atau tempat hidup kepiting ini juga mempengaruhi hasil panen ya. Usahakan kepiting tidak mengalami stress akibat ketidak nyamanan dengan wadah atau tempat hidupnya. Hal seperti ini bisa membuat kepiting hingga mati lho

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Kepiting

Sejatinya jika usaha budidaya kamu gagal, maka kamu wajib tau apa faktor penyebabnya. Berikut penyebab kegagalan budidaya kepiting:

  • Lokasi budidaya yang dekat dengan pembuangan limbah
  • Proses perawatan yang tidak benar ketika kepiting bertelur
  • Pemberian pakan yang tidak sebanding dengan jumlah kepiting sehingga sering berebut pakan karena lapar
  • Kondisi air yang kurang berkualitas

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kepiting

Harga bibit serta harga jual kepiting ini mungkin berbeda-beda ya. Namun daftar harga ini Nonaternak sesuaikan dengan harga pasar secara umumnya. Semoga harga-harga yang tersajikan ini bisa kamu jadikan referensi.

KategoriHargaSumber
Kepiting bakau hidup segar, 1000 gramRp.  89.000https://www.tokopedia.com/muara-ikan/kepiting-bakau-hidup-segar-termurah?src=topads
Kepiting telur hidup, 1 kgRp. 175.000https://www.tokopedia.com/halalfreshfood/kepiting-telur-hidup-segar-1kg-isi-4-5-berat-200-250gr-per-ekor?whid=0
Kepiting rajungan, 1 kgRp.  70.000https://www.tokopedia.com/hellocelldistro/kepiting-rajungan-segar-1-0kg?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *