Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Keong Mas

2 min read

cara budidaya keong mas

Keong mas memang sering dikategorikan sebagai hama, mengingat musuh utama para petani. Namun ternyata sekarang ini cara budidaya keong mas sedang banyak diminati. Nah jika kamu ingin mencoba budidaya keong mas ini maka sangat direkomendasikan menerapkan cara yang disajikan berikut.

Nonaternak kali ini akan mengupas tuntas dan lengkap mengenai hal tersebut. Yups, cara budidaya keong mas yang mudah dan tentunya simpel ini bisa kamu coba praktekkan hanya berbekal ketelatenan dan perawatan yang bagus.

cara ternak keong mas

Cara Budidaya Keong Mas

Keong mas menjadi sumber protein dan banyak omega 9 yang begitu tinggi, mengingat hewan ini termasuk dalam kategori karnivora yang sangat laris untuk sajian hidangan. Ketika akan melakukan budidaya keong mas maka kamu harus melakukan beberapa langkah pemeliharaan yang tentunya bagus buat perkembangan si keong mas. Usahakan memilih bibit unggul dalam membudidayakan serta juga pemberian pakan yang sesuai dan berkualitas. Berikut ulasan lengkap cara budidaya keong mas yang bisa kamu contoh!

1. Pemilihan Bibit Keong Mas

Salah satu hal terpenting dalam proses pembudidayaan ialah masalah pemilihan bibit yang tentunya berkualitas ya. Jika kamu asal memilih bibit maka akan sangat berdampak pada proses perkembangan si keong mas ketika nanti tumbuh dewasa. Cara ternak keong mas yang baik dengan memilih bibit unggul bisa kamu terapkan apabila kamu mengetahui bagaimana sih ciri-ciri bibit keong mas yang unggul itu. Nah jika masih belum mengetahui, berikut ulasan cara memilih bibit unggul yang bagus :

  • Rumah keong mas terlihat bersih dan mengkilap
  • Tidak cacat
  • Memiliki nafsu makan yang tinggi
  • Tidak hanya menutup diri dalam rumah keong saja

2. Tempat Budidaya

Setelah kamu memilih bibit yang bagus maka hal terpenting berikutnya ialah masalah tempat hidup atau budidaya keong  yang bagus dan bisa membuat keong merasa nyaman dengan huniannya. Tahap pertama dalam budidaya keong  ialah menyiapkan kolam budidaya. Nah dalam hal ini kamu ternyata dapat memanfaatkan terpal sehingga secara otomatis kamu juga bisa meminimalisir anggaran.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menyiapkan kolam terpal budidaya keong mas yakni :

  • Usahakan lokasi kolam yang terdekat dengan sumber air
  • Lokasi juga harus yang terkena sinar matahari
  • Silahkan jauhkan kolam budidaya keong mas dengan lokasi ternak bebek ya
  • Usahakan lokasi kolam bukan termasuk pusat aliran air yang mudah banjir
  • Buat kolam dengan ukuran lebar 5 x 5 meter, namun jika bentuk kolam dengan ketinggian ½ meter maka akan menjadi ukuran sebesar 4 x 4 meter
  • Tambahkan juga ranting kecil tanaman kering yang berfungsi untuk meletakkan telur

3. Pakan Keong Mas

Bertambahnya populasi keong mas di kolam, maka sudah pasti memerlukan pakan tambahan guna menjaga pertumbuhan dan perkembangan keong mas tetap maksimal. Perlu kamu ketahui bahwa keong ini ialah hewan yang termasuk rakus maka terdapat beberapa pemberian pakan yang baik, antara lain :

  • Beri pakan tambahan bisa berupa sayuran dedaunan yang lunak
  • Untuk mengemat biaya kamu dapat membeli sayur dengan kualitas sedang atau rendah
  • Intensitas pemberian pakan keong mas  3-4 kali ya dalam sehari
  • Beri pakan secara utuh atau kecil-kecil
  • Pakan tambahan ini khusus untuk keong mas dewasa ya, nah untuk keong mas anakan silahkan sajikan lumut, alga atau bahan organik yang halus
  • Berikan pakan yang rutin yakni pagi, siang, sore dan malam hari agar si keong mas mencapai standar pasaran hingga siap panen

4. Cara Budidaya Keong Mas

Bagi kamu yang ingin membudidayakan keong mas namun tidak memiliki area luas maka tetap bisa memanfaatkan kolam terpal. Cara budidaya keong mas disini akan dijelaskan secara beruntut mulai dari menyiapkan kolam terpal, menabur bibit hingga siap panen. Berikut ulasan cara memelihara keong sawah di kolam terpal serta langkah-langkah budidayanya :

  • Siapkan tempat hidup berupa kolam terpal

Kolam usahakan berbentuk persegi atau persegi panjang dan buat 4 penyangga pada bagian pojok atau sudut kolam

  • Pengisian air di kolam terpal

jika ketinggian air pada kolam terpal ¾ dari ketinggian kolam, atau kurang lebih 5 sampai 10 cm disarankan untuk kamu memberikan tanaman air seperti eceng gondok atau teratai.

  • Proses tabur bibit

Keberhasilan budidaya keong mas akan bergantung pada jumlah indukan yang ada pada kolam terpal. Semakin banyak indukan maka akan semakin banyak pula jumlah keong mas yang akan berkembang biak. Masukkan benih keong ini pada ember dan diamkan selama 1 malam. Masukkan benih ke kolam dan tetap awasi keadaan kolam agar tetap bersih.

  • Pemberian pakan

Berikan rutin pakan seperti selada, daun sawi atau tanaman eceng gondok.

  • Proses pemanenan

Bisa kamu mulai jika keong berumur kurang lebih 1 bulan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Keong Mas

Berikut penyebab kegagalan budidaya keong mas :

  • Proses perawatan yang salah

Penyebab kegagalan budidaya keong ini ialah karena proses perawatan yang kurang bagus. Proses penaburan benih keong mas tidak dilakukan secara berhati-hati sehingga banyak yang akhirnya mati dan gagal panen.

  • Lokasi kolam keong mas yang mudah terjangkau oleh bebek

Bebek termasuk hewan rakus yang memiliki pakan utama berupa keong mas sehingga jika lokasi antara kolam dengan kandang bebek berdekatan maka akan gagal panen.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Keong

Kategori

Harga

Sumber

Keong mas hidup berat 500 gramRp. 15.000https://www.tokopedia.com/tantem/keong-mas-hidup?whid=0
Keong Mas Hidup cocok untuk akuarium pelengkap ikan hias air tawar, berat 1000 gramRp. 32.000https://www.tokopedia.com/cyamyk-printing/keong-mas-hidup-cocok-utk-akuarium-pelngkap-ikan-hias-air-tawar?whid=0
keong mas/bukan tutut/keong sawah, berat 1 kgRp. 5000https://www.tokopedia.com/entokpembesaran/keong-mas-bukan-tutut-keong-sawah?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *