Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Tombro

2 min read

cara budidaya ikan tombro

Ikan tombro atau yang biasa disebut sebagai ikan karper memiliki nama ilmiah Cyprinus carpio yang hidup pada perairan tawar. Ikan ini banyak diburu karena dijadikan sajian hidangan yang lezat nan gurih serta mengandung protein yang bagus. Oleh karena itu sekarang ini banyak yang mencoba melakukan usaha budidaya ikan tombro dan cara budidaya ikan tombro disini bisa kamu contoh.

Nonaternak akan mengulas lengkap apa saja yang harus kamu perhatikan dalam melakukan suatu budidaya. Cara budidaya ikan tombro akan sangat mudah dilakukan apabila kamu sudah mengenal jenis ikan yang satu ini. Ikan ini bisa hidup pada suhu air 24 hingga 20 derajat celcius dengan tingkat keasaman pH 6 hingga 7.

cara memelihara ikan tombro

Cara Budidaya Ikan Tombro

Ikan tombro biasanya hidup bergerombol membentuk suatu kelompok. Ikan ini sangat menyukai lingkungan hidup dengan situasi air sungai yang mengalir serta tidak terlalu dalam. Bentuk ikan tombro memanjang serta agak pipih, sisik nya berukuran besar dan termasuk tipe sisik sikloid yang hampir menutupi seluruh tubuh ikan tombro. Cara ternak ikan tombro ini tidak terlalu sulit dan menguras kantong ya. Sehingga kamu bisa mencoba membudidayakan nya. Berikut cara budidaya ikan tombro!

1. Pemilihan Bibit Ikan Tombro

Jika kamu ingin melakukan budidaya pada ikan tombro maka sebelum kamu melangkah lebih jauh lagi, usahakan kamu paham dalam memilih bibit atau induk an tombro yang berkualitas. Pertama, silahkan kamu mendapatkannya dari induk an langsung. Kedua, dengan membelinya langsung ke pasar. Ciri bibit yang unggul ialah ketika dilihat kasat mata bibit ini lincah serta fisiknya yang tidak ada cacat, pastikan setiap bibit mempunyai ukuran sama dengan berat kurang lebih 30 gram.

2. Tempat Budidaya

Biasanya ikan tombro dipelihara pada kolam beton, kantong jaring apung, kolam tanah atau kolam air deras, tergantung kesiapan lokasi yang kamu sediakan. Lokasi terpal juga bisa kamu pilih  untuk tempat budidaya. Pilihlah penempatan kolam terpal pada area yang mudah diawasi.

Gali lah tanah sedalam 70 cm, gunakan batu bata pada dasar galian, buatkan tanggul agar terpal tetap kuat. Kemudian mulai pasang terpal dengan diberi pemberat. Jangan lupa buatkan juga sanitasi kolam tersebut.

3. Pakan Ikan

Perlu kamu ketahui dan perhatikan mengenai pakan ikan tombro yang wajib kamu berikan setiap harinya. Ikan tombro ialah termasuk hewan omnivora sehingga pemakan segala. Makanan ikan tombro ialah bisa berasal dari hewani atau nabati, misal seperti cacing, serangga, lumut, sayuran atau ganggang yang bisa kamu temui pada tepian air sungai atau kolam.

Ikan ini memiliki sifat yang rakus oleh karena itu berikan pakan sebanyak 3 kali dalam sehari. Pemberian pakan pada pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar oksigen yang sudah dikeluarkan oleh tanaman air sebagai akibat dari proses fotosintesis matahari.

4. Cara Budidaya Ikan Tombro

Cara memelihara ikan tombro di kolam kecil juga tergolong mudah untuk dilakukan terutama dalam hal perawatan. Pada habitat aslinya ikan ini hidup pada perairan dengan ketinggian sekitar 150-600 mdpl dengan suhu sekitar 20-25 derajat Celsius. Berikut cara budidaya ikan tombro mulai dari pemijahan hingga panen:

  • Pemijahan pada ikan

Pada proses ini ikan tombro harus bisa kamu rangsang dengan cara membentuk habitat seolah-olah mirip dengan kondisi lingkungan perairan. Ikan ini akan melakukan pemijahan secara alami atau dengan rangsangan hormon. Berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan ketika pemijahan:

  • Siapkan kolam untuk pemijahan
  • Bersihkan kolam
  • Isi kolam dengan air 75-100 cm
  • Pasang hapa untuk panen larva dengan dimensi 4 x 3 x 1 meter
  • Pasangan kakaban berupa ijik yang sudah dijepit bambu dengan ukuran 1,5 x 0,4 meter
  • Masukkan induk an tombro betina dan jantan dengan perbandingan 3:1
  • Angkat induk an dan pindahkan ke kolam pemeliharaan induk
  • Jika telur berusia 4 hari maka telur akan menetas, berikan pakan tambahan seperti pelet untuk larva, dan rebusan kuning telur untuk kutu air.
  • Pemeliharaan ikan

Agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan pemeliharaan atau budidaya ikan tombro pada kondisi yang tenang. Gunakan sirkulasi air yang cukup. Kamu memiliki waktu 3 hingga 4 bulan dalam proses pemeliharaan. Kondisi serta kualitas air sangat mempengaruhi proses pembesaran bibit. Selain mengenai kondisi air, pada bagian tengan kolam akan lebih baik jika kamu beri pancuran atau filterisasi guna memperbaiki kondisi air yang buruk.

  • Panen

Usia panen ikan tombro baru bisa untuk kamu panen setelah masa pembibitan yakni sekitar 3 hingga 4 bulan, namun tetap sesuai dengan kebutuhan ya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Tombro

Penyebab kegagalan melakukan budidaya ikan tombro, adalah sebagai berikut:

  • Ingin hasil yang cepat namun tidak disertai dengan persiapan yang memadai. Sehingga kadang terburu-buru ingin ikan cepat besar dengan cara diberi pakan yang sangat banyak. Alhasil pakan akan tersisa dan berisiko menjadi limbah.
  • Tidak melakukan filter dengan baik
  • Proses pemijahan yang kurang baik

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan Tombro

Kategori

Harga

Sumber

Ikan tombro segar 1 KgRp. 35.000https://shopee.co.id/Ikan-tombro-segar-1-kg-i.31476594.3933537474
Benih Ikan tombroRp. 60.000https://shopee.co.id/Isi-100-Ekor-ikan-mas-kualitas-unggul-bibit-anak-tombro-benih-ikan-mas-Lokal-terdekat-ukuran-8-9cm-i.290303421.3450944583
TombroRp. 22.000https://shopee.co.id/IKAN-EMAS-i.85433848.6232321467

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *