Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Sidat

3 min read

Cara Budidaya ikan sidat

Jika kamu ingin beternak salah satu hewan yang laris di pasaran tidak ada salahnya jika mencoba untuk membudidayakan ikan sidat di dalam rumah mu. Ikan sidat memiliki bentuk yang menyerupai belut, nah dari bentuk yang memanjang inilah ikan sidat memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan jenis ikan yang lainnya. Cara budidaya ikan sidat juga tidak berbeda jauh dengan belut.

Ikan sidat digemari banyak orang karena bisa dijadikan bahan dasar beragam hidangan makanan. Kali ini Nonaternak akan membahas cara ternak ikan sidat. Inilah cara budidaya ikan sidat yang bisa kamu jadikan referensi!

cara budidaya ikan sidat agar cepat besar tanpa lumpur

Cara Budidaya Ikan Sidat

Cara budidaya ikan sidat tergolong sama saja dengan jenis ikan lainnya.  Dalam hal budidaya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha menjadi lancar dan berkembang di pasaran. Cara ternak sidat air tawar di rumah perlu menyiapkan wadah atau akuarium yang sesuai dengan bentuk dan ukuran ikan. Selain itu faktor pakan juga sangat berpengaruh terhadap proses perkembangbiakan menjadi lebih baik. Inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang budidaya ikan sidat!

1. Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Jika kamu ingin memilih ikan Sidat sebagai hewan yang akan dijadikan usaha maka penting untuk memiliki bakat memilih bibit yang baik. Bibit akan mempengaruhi perkembangan si ikan hingga dewasa. Pilihlah bibit ikan sidat yang unggul dan berkualitas ya. Jangan pilih bibit yang sekiranya kurang aktif di dalam air.

Mencari bibit unggul ikan sidat tidaklah gampang, mengingat produsen nya yang semakin berkurang. Bibit ikan sidat yang terbaik ialah yang kamu dapat langsung dari alam. Serta belum ada yang memijah nya ya.

Ukuran bibit sidat cenderung kecil dengan memiliki tubuh yang transparan. Kamu bisa menemukan bibit sidat dengan mudah melalui jual beli ikan secara online. Cara budidaya ikan sidat ini akan berhasil jika kamu tepat memilih bibit.

2. Tempat Budidaya Sidat

Cara budidaya ikan sidat selanjutnya ialah dengan memperhatikan masalah tempat hidup atau wadah untuk tempat tinggal si ikan sidat. Ikan sidat bisa tumbuh dengan baik apabila diwadahi dalam tempat yang bersih, nyaman dan sesuai dengan ukuran tubuh.

Media wadah pemeliharaan ikan sidat dewasa membutuhkan kolam tembok dengan ukuran 2 x 5 x 1,8 m3 dengan membutuhkan debit air 5 m3.  Beri sistem aerasi yang mengalir dan taruh pada tempat terbuka agar sinar matahari bisa menjadi penghangat suhu.

3. Pakan Sidat

Pemberian pakan setiap harinya untuk ikan sidat sangatlah penting. Proses tumbuh dan berkembangnya ikan sidat sangat bergantung pada asupan makanan atau vitamin untuk si ikan. Jangan beranggapan pakan yang kotor tidak mempengaruhi kesehatan ikan, Eits itu salah ya, faktor kebersihan pakan juga menjadi faktor terpenting dengan maksud agar si ikan terbebas dari bibit penyakit yang dihasilkan dari pakan.

Berikut pakan ikan sidat yang perlu kamu ketahui :

  • Pasta
  • Tepung ikan
  • Tepung fengli
  • Dedak halus
  • Minyak ikan
  • Sebagai perekat tambahkan tepung kanji

4. Cara Budidaya Ikan Sidat

Jika kamu memilih ikan sidat untuk di budidayakan maka kamu juga harus paham betul bagaimana cara budidaya ikan ini dengan baik dan benar. Jangan asal membudidayakan saja ya agar kamu dapat memanen hasil yang melimpah. Untuk cara budidaya ikan sidat ada 3 tahap yang perlu kamu perhatikan.

Sampai saat ini masih belum ada cara pemijahan ikan sidat di kolam terpal menggunakan teknologi canggih, sehingga dalam kebutuhan benih kamu harus mengandalkan tangkapan alam.

Inilah tahapan dalam budidaya ikan sidat :

  • Tahap pendederan 1

Pada tahap pertama ini disebut sebagai tahap pengenalan oleh ikan sidat ini. Tujuan nya agar si ikan dapat beradaptasi dengan lingkungan buatan serta dapat mengkonsumsi pakan secara homogen. Tujuan tahap 1 ini yakni pembesaran glass eel sampai benih ikan sidat memiliki ukuran elver.

Pada tahap ini kamu bisa menggunakan wadah akuarium. kolam tembok maupun fiber dan akan lebih baik lagi jika kamu tempatkan pada indoor dengan suhu 29 derajat. Sebelum kamu memasukkan glass eel alangkah lebih baiknya kamu beri garam pada air tersebut hingga terasa payau. Pasang juga aerator guna suplai oksigen dalam air di media yang kamu pakai.

Sebelum penebaran benih lebih baik plastik sebagai wadah benih ikan tersebut kamu aklimatisasi dahulu ya tujuannya agar  adaptasi suhu media packing terhadap media pemeliharaan.

  • Tahap pendederan 2

Pada tahap ini merupakan tahapan dimana proses pemeliharaan benih sidat yang awalnya memiliki stadia glass eel menjadi elver. Disini ikan sidat sudah siap dipelihara pada proses tahapan pembesaran untuk ikan sidat konsumsi ya. Silahkan beri pakan pasta yang sudah diadaptasikan pada pendederan tahap 1. Selain itu kamu juga bisa mencampurkan pakan seperti tepung ikan, tepung fengli, dedak halus serta diberi perekat misal tepung kanji guna mengikat campuran pakan tersebut.

  • Tahap pembesaran si ikan

Pada langkah ini bertujuan untuk proses pembesaran ikan hingga sampai pada ukuran siap konsumsi yakni berkisar lebih dari 200 gram/ekor. Air yang digunakan media pemeliharaan dapat berasal dari air sumur yang dialirkan dari paralon.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Sidat

  • Pemilihan benih atau bibit yang tidak tepat
  • Pemeliharaan ikan sidat yang salah. Ingat jangan samakan pemeliharaan ikan sidat ini dengan lele
  • Pakan yang salah atau tidak layak
  • Proses pemijahan yang gagal karena kurang memahami prosedur dan caranya

6. Harga Bibit dan Harga Sidat

Harga jual atau harga beli ini mungkin antara daerah yang satu dengan yang lain nya selisih sedikit ya. Tapi untuk melihat harga pasar, ini bisa dijadikan referensi.

KategoriHarga Sumber
Ikan sidat ukuran 150-200 gramRp. 37.000https://www.tokopedia.com/galuhxyz/ikan-sidat-hidup-150-200gr?whid=0
Ikan sidat glass eelRp. 3.500.000https://www.tokopedia.com/unity-coop/glass-eel-anak-ikan-sidat-hidup?whid=0
Ikan sidat anguilla bicolorRp. 187.500https://www.tokopedia.com/aishacoid/konsumsi-ikan-sidat-hidup-anguilla-bicolor-terlaris?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *