Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Molly

3 min read

cara budidaya ikan molly balon

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan molly yang satu ini. Ikan ini hidup pada air tawar dan banyak diminati oleh penggemar ikan hias. Cara budidaya ikan molly ini juga tergolong sangat mudah loh.

Jenis ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan bisa beradaptasi dengan cepat. Nonaternak akan membantu mengulas mengenai bagaimana sih pembudidayaan molly yang baik dan benar. Berikut ulasan cara budidaya ikan molly yang bisa kamu jadikan referensi ya.

cara ternak ikan molly balon

Cara Budidaya Ikan Molly

Nama latin black molly ialah Mollinesia sphenops yang hidup pada air tawar dan tergolong ikan hias. Ikan molly memiliki tubuh yang kecil dengan panjang 12 cm serta tergolong ikan omnivora ya. Jika kamu akan membudidayakan ikan molly maka tempat budidaya bisa kamu lakukan di kolam atau aquarium. Kesuksesan cara budidaya ikan molly sangat bergantung pada ketelatenan dalam merawat. Inilah cara ternak ikan molly balon agar cepat beranak yang bisa kamu contoh!

1. Pemilihan Bibit

Hal terpenting dalam memilih bibit yaitu harus jeli dan usahakan memilih bibit yang berkualitas. Bagaimana cara membedakan bibit berkualitas dengan yang tidak ? Tentunya bisa kamu lihat atau observasi dari fisiknya ya. Bibit yang unggul sangat bisa menentukan perkembangan si ikan ketika dewasa. Cara budidaya ikan jenis molly dengan memperhatikan pemilihan bibit sangatlah penting. Oleh karena itu berikut ciri-ciri bibit ikan yang unggul dan berkualitas, antara lain:

  • Hindari pemilihan indukan dengan tubuh yang memiliki corak hitam kusam, sehingga pilihlah indukan berwarna hitam arang.
  • Umur indukan minimal harus 6 bulan ya.
  • Pilih indukan jantan yang berukuran 3 cm serta betina berukuran 5 cm.
  • Harus paham ciri-ciri ikan molly betina dan jantan. Ikan jenis molly betina memiliki ciri-ciri tidak adanya tonjolan dengan postur sedikit bulat dan gemuk, sedangkan ikan jantan memiliki benjolan pada belakang sirip perut.

Pemilihan bibit ikan jenis molly harus dari indukan yang benar-benar berkualitas. Bibit ikan harus sehat yakni bebas dari penyakit atau tanda-tanda bahwa fisik bibit ikan tersebut cacat. Selain itu pastikan bibit dalam keadaan aktif ketika bereaksi dengan lingkungan sekitar.

2. Tempat Budidaya

Ketika kamu memilih ikan molly untuk dibudidayakan, secara otomatis kamu juga harus memikirkan tempat atau wadah untuk membudidayakan. Nah, ikan molly ini ternyata hidup di air tawar sehingga kamu bisa memanfaatkan kolam atau aquarium sebagai wadah hidup si ikan. Cara budidaya ikan jenis molly di kolam dengan di aquarium tidak jauh berbeda ya. Tempat budidaya aquarium lebih mudah ya. Usahakan atur kadar pH air berukuran 7 sampai 12 dengan suhu antara 25 derajat celcius hingga 27 derajat celcius.

Pastikan taruh wadah atau tempat budidaya ikan molly pada lokasi yang mudah kamu jangkau ya, agar gampang proses perawatannya. Berikut media budidaya ikan molly yang bisa kamu gunakan:

  • Kolam kecil dengan sanitasi baik
  • Aquarium
  • Mug kaca atau gelas hias, mengingat ikan molly adalah ikan hias yang akan lebih bagus jika kamu taruh pada wadah
  • Kamu juga bisa memanfaatkan toples krupuk atau biskuit ya

3. Pakan Ikan Molly

Ada beragam sajikan pakan ikan molly yang bisa kamu berikan, tentunya pastikan kandungan gizi dan vitaminnya ya. Berikut beberapa pakan ikan Molly :

  • Cacing sutra
  • Jentik nyamuk
  • Pakan pabrikan khusus untuk ikan molly
  • Kutu air
  • Pelet sayuran
  • Semua jenis alga
  • Tablet spirulina

4. Cara Budidaya Ikan Molly

Cara merawat anakan ikan molly agar cepat besar pasti membutuhkan proses yang menuntut kamu untuk lebih telaten dalam merawatnya. Nah, untuk merawat ikan jenis ini kamu tidak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa memberikan yang maksimal kepada si ikan. Cukup beberapa langkah atau cara budidaya ikan molly berikut yang harus kamu lakukan, antara lain:

  • Media Budidaya

Persiapkan media atau tempat budidaya si ikan. Berikan wadah terbaik akan ikan merasa nyaman. kamu bisa menggunakan kolam atau aquarium ya.

  • Perhatikan Pakan

Hal yang tidak boleh kamu remehkan dalam pembudidayaan ialah masalah pemberian pakan. Setelah benih berumur sekitar 5 hari kamu baru bisa memberikan pakan berupa kutu air yang sudah disaring terlebih dahulu. Berikan nutrisi yang cukup untuk si ikan.

  • Perawatan Benih Ikan

Kamu dapat mendapatkan bibit ikan molly ini dari proses pemijahan sehingga dalam proses pemijahan ini kamu harus sangat berhati-hati dalam merawatnya. Cara budidaya ikan molly dengan merawat benih ikan ini sangat menentukan proses tumbuh dan kembangnya si ikan ketika dewasa.

  • Perawatan Ikan molly ketika dewasa

Perawatan atau budidaya ikan jenis molly jangan hanya difokuskan pada bibit saja melainkan ketika si ikan dewasa kamu juga jangan bosan-bosannya melakukan perawatan yang maksimal untuk si ikan ya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Molly

Setiap ikan hias pasti memiliki jenis yang berbeda-beda, nah dari perbedaan tersebut juga menimbulkan cara penanganan yang berbeda-beda pula ya. Sebelum kamu memilih akan memelihara ikan maka harus kamu ketahui betul karakteristik ikan tersebut agar meminimalisir kegagalan.

Berikut penyebab kegagalan cara budidaya ikan jens molly yang perlu kamu ketahui:

  • Ikan stres

Meskipun ikan molly termasuk ikan yang mudah dibudidayakan namun jika ikan ini stress maka dapat menjadi pemicu kematian. Penyebab stres ialah karena ikan tidak nyaman dengan keberadaan jenis ikan yang lain.

  • Tempat budidaya kotor

Aquarium yang tidak terjaga kebersihannya dapat menyebabkan kematian pada ikan molly.

  • Berkurangnya nafsu makan

Untuk mengatasinya silahkan berikan pakan yang disukai sepeti cacing sutra, jentik nyamuk atau pakan pabrik.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan Molly

Kategori

Harga

Sumber

Molly balon coral aquascapeRp. 1.500https://www.tokopedia.com/gogogoyeee/molly-balon-coral-aquascape?src=topads
Ikan molly balon orangeRp. 1.900https://www.tokopedia.com/dvashop/ikan-molly-balon-orange?whid=0
Ikan molly balon silverRp. 1.900https://www.tokopedia.com/dvashop/ikan-molly-balon-silver?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *