Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Manfish

3 min read

cara budidaya ikan manfish

Ikan Manfish merupakan ikan hias yang memiliki tubuh lebar serta tipis, tergolong ke dalam family Cichlidea. Ikan ini dapat hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) dengan arus yang tenang dengan banyak tanaman air yang mengelilinginya. Oleh karena itu banyak yang ingin tau cara budidaya ikan Manfish yang tepat.

Nonaternak kali ini akan memberikan tips mengenai hal tersebut. Tips jitu atau cara budidaya ikan Manfish yang di ulas ini dijamin dapat membantu kamu dalam proses budidaya ikan malaikat ini. Beragam warna ikan Manfish memang menarik dan berwarna-warni serta gerakannya yang begitu tenang membuat ikan ini laris dipasaran.

cara memelihara ikan manfish

Cara Budidaya Ikan Manfish

Habitat asli ikan Manfish ini ada pada perairan Amazon, Brazil, Columbia, serta Peru. Ikan ini sudah banyak pula pembudidayaan nya di Indonesia. Usaha pengembangan budidaya ikan Manfish ini telah dilakukan melalui Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) yang ada di Sukabumi. Nah jika kamu penasaran bagaimana sih cara budidaya ikan Manfish ini ternyata tergolong mudah kok. Cara beternak ikan Manfish di akuarium cocok untuk dicoba oleh para pemula. Berikut ulasannya!

1. Pemilihan Bibit Ikan Manfish

Salah satu hal terpenting dalam proses pembudidayaan ialah masalah pemilihan bibit. Bibit yang unggul akan menjadikan ikan Manfish mampu tumbuh dan berkembang maksimal hingga dewasa. Tidak hanya itu dengan proses pemilihan bibit yang unggul diharapkan ikan terbebas dari berbagai penyakit karena memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Berikut ini ciri-ciri atau cara memilih bibit ikan Manfish yang baik dan unggul :

  • Tubuh ikan sehat serta tidak cacat

Secara fisik ikan harus sehat serta tidak ada bercak-bercak pada kulit ikan. Kriteria benih yang sehat maka dia akan aktif bergerak serta merespon bila ada rangsangan. Rangsangan bisa kamu lakukan dengan pemberian pakan baik pagi atau sore hari. Jika pakan tersebut langsung di santap maka benih sudah pasti bagus karena aktif dengan lingkungan.

  • Ukuran benih yang sama

Usahakan pilih ukuran benih yang seragam atau sama. Benih yang memiliki ukuran sama dapat lebih efisien masalah pakan karena tidak ada ikan yang selalu kalah saing ketika memperoleh makanan.

  • Sesuai dengan standart

Makna dari istilah sesuai standart ialah benih tersebut berkualitas serta dapat terlihat berdasarkan sifatnya dalam memenuhi kriteria kuantitatif maupun kualitatif. Kriteria kualitatif merupakan kondisi yang ditunjukan oleh benih yang dilihat dari asal-usul serta hasil pengamatan secara kasat mata. Sedangkan kuantitatif dapat dilihat dari umur, ukuran panjang, keseragaman ukuran, berat minimal, serta keseragaman kelincahan gerakannya terhadap rangsangan yang diberikan.

2. Tempat Budidaya

Cara budidaya ikan Manfish akan berhasil jika di support juga akan masalah kenyamanan tempat hidupnya. Sebagai pemula kamu dapat memanfaatkan akuarium sebagai tempat budidaya. Sebenarnya ada beberapa tempat budidaya yang dapat kamu pilih dalam beternak ikan Manfish, seperti akuarium hingga kolam. Setiap tempat budidaya atau tempat hidup tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri ya.

Berikut kriteria tempat budidaya ikan Manfish di kolam :

  • Akuarium yang dipakai untuk memelihara atau budidaya ikan manfish setidaknya buat dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm serta tinggi 40 cm.
  • Jika kamu ingin membudidayakan ikan manfish dalam jumlah yang sangat banyak maka lebih baik siapkan beberapa akuarium juga. Nah satu akuarium harus mampu menampung 250 ikan Manfish dalam ukuran standar ya.
  • Sebelum akuarium digunakan untuk proses budidaya, pastikan kamu bersihkan terlebih dahulu memakai spons. Guna menghindari bakteri dalam akuarium, bisa juga kamu menambahkan disenfektan terlebih dahulu.

3. Pakan Ikan Manfish

Ikan ini mampu berkembang biak serta tumbuh dengan maksimal jika kamu selalu berikan pakan dengan asupan nutrisi dan gizi yang bagus. Berikut beberapa pakan ikan Manfish yang bisa kamu coba berikan ketika proses budidaya :

  • Berikan pelet dengan dua kali sehari yakni tiap pagi dan sore hari.
  • Selain pelet kamu juga bisa beri pakan jenis yang lain seperti cacing beku, jentik nyamuk dan cacing kering.

4. Cara Budidaya Ikan Manfish

Ada beberapa cara budidaya ikan Manfish yang perlu kamu ketahui, mulai proses pembibitan, pemijahan hingga panen. Berikut tahapan yang harus kamu lakukan dalam budidaya ikan Manfish:

  • Persiapan wadah pemijahan

Terlebih dahulu kamu persiapkan kolam atau akuarium untuk proses pemijahan. Lebih praktis untuk menggunakan akuarium saja ya. Buat atau beli akuarium dengan ukuran panjang 80 x lebar 40 x tinggi 40 cm. Jangan lupa isi air setinggi 30 cm lalu tunggu 24 jam terlebih dahulu. Setelah 24 jam lalu akuarium siap isi dengan indukan untuk pemijahan.

  • Bedakan indukan jantan dan betina

Cara membedakan ikan manfish jantan dan betina sangat mudah. Berikut ciri-cirinya:

  • Manfish betina :

Ukuran tubuh relatif lebih kecil dari yang jantan

Bentuk kepala kecil

Perut besar atau menonjol jika kamu lihat dari bagian atas

Dari mulut ke sirip punggung membentuk garis lur

  • Manfish jantan :

Ukuran tubuh lebih besar dari ikan betina

Bentuk kepala besar

Terlihat pipih jika terlihat dari bagian atas

Dari mulut ke sirip punggung membentuk cembung

  • Pemijahan indukan

Masukkan paralon sebagai substrat. Masukkan indukan ikan pada akuarium menggunakan perbandingan 1 : 1. Kemudian betina akan menempelkan telur pada paralon sedangkan  pejantan akan keatas dan kebawah untuk menyemprot sperma pada telur-telur tersebut.

  • Perawatan larva
  • Pembuatan pakan ikan
  • Pendederan bibit
  • Tahap pembesaran

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Manfish

Berikut beberapa penyebab kegagalan budidaya Manfish :

  • Proses pemilihan bibit yang salah
  • Pemijahan yang kurang tepat
  • Perawatan yang kurang maksimal
  • Tempat budidaya yang kurang terawatt
  • Tidak ada kansungan asupan nutrisi pada pakan

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan

Kategori

Harga

Sumber

Ikan manfish three color ikan layang layang size XLRp. 39.900https://www.tokopedia.com/dragonmaniax/ikan-manfish-three-color-ikan-layang-layang-size-xl-buy-5-get-1-free?src=topads
sepasang ikan manfish black slayer siap breedingRp. 150.00https://www.tokopedia.com/dzakyfish/sepasang-ikan-manfish-black-slayer-siap-breeding?src=topads
Ikan Hias Layang Manfish Angel Red Eye Aquarium AquascapeRp. 12.000https://www.tokopedia.com/tridentstore-1/ikan-hias-layang-manfish-angel-red-eye-aquarium-aquascape?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *