Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Koki

2 min read

Cara Budidaya ikan koki

Ikan hias mas koki hidup pada air tawar yang berasal dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Jenis ikan ini merupakan ikan pertama kali yang berhasil dibudidaya oleh manusia. Ikan mas koki memiliki bentuk tubuh bersirip ekor ganda serta berbentuk memampat bulat sehingga memiliki keindahan tubuh yang elok jika dilihat. Tak jarang banyak yang memilih ikan koki sebagai ikan hias yang di budidayakan. Cara budidaya ikan koki juga tergolong mudah dan tidak ribet.

Kali ini Nonaternak akan membahas cara memelihara ikan Mas Koki. Cara budidaya ikan Koki ini akan meliputi berbagai hal penting, tetapi dibahas secara ringkas.

cara memelihara ikan mas koki supaya cepat besar

Cara Budidaya Ikan Koki

Jika kamu membudidayakan ikan koki maka ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui untuk proses perawatan si ikan. Jangan asal pilih bibit ya, karena bibit akan menentukan perkembangan si ikan ketika dewasa. Selain pemilihan bibit, kamu juga harus rutin memilih pakan yang bagus atau berkualitas bagi ikan koki. Tempat perkembangbiakan juga wajib kamu perhatikan agar ikan koki tidak stres. Berikut cara budidaya ikan koki dan hal-hal yang wajib kamu ketahui!

1. Pemilihan Bibit Ikan

Hal yang paling utama dalam proses pembudidayaan ialah pemilihan bibit. Usahakan kamu memilih bibit yang sehat dan berkualitas, kamu bisa membeli pada orang yang memang sudah paham betul dan sudah lama berkecimpung menangani ikan koki. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih bibit ikan koki :

  • Pastikan kamu dapat memilih breeder berkualitas yang tentunya bisa dipercaya ya
  • Alangkah lebih baiknya jika kamu juga perhatikan kondisi kolam ketika membeli bibit ikan koki. Mengingat kondisi kolam yang buruk juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan nantinya.
  • Jangan sampai kamu salah memilih bibit ikan koki yang sakit. Lihatlah melalui cara berenang nya yang miring atau tidak seimbang.
  • Disarankan untuk kamu memilih ikan koi dengan ukuran kurang lebih 10 cm

Bibit ikan koki banyak dicari karena ketika tumbuh dewasa ikan ini memiliki keindahan warna dan tubuh yang molek. Nah, berikut jenis-jenis ikan koki yang perlu kamu ketahui yakni:

  • Ikan Mas Koki Ryukin

bentuk ikan ini sangat lucu dan unik. tubuhnya pendek dan terdapat punuk serta sirip yang lebar dan besar.

  • Ikan Mas Koki Lionhead

ikan ini sangat populer di Indonesia yakni memiliki bagian kepala yang dipenuhi dengan gumpalan ibarat buah berry

  • Ikan Mas Koki Buble Eye

Ikan yang memiliki gumpalan bak balon air  yang terletak pada bagian bawah mata,

2. Tempat Budidaya Ikan

Sebetulnya ada beberapa cara merawat ikan koki di aquarium agar tidak cepat mati, tentunya faktor aquarium atau wadah ikan juga sangat mempengaruhi agar si ikan tetap hidup lama. Cara memelihara ikan mas koki agar cepat besar sangat bergantung juga pada wadah atau tempat budidaya si ikan.

Jangan taruh ikan pada wadah yang begitu kecil sehingga ikan tidak bisa leluasa berkembang. kamu bisa memanfaatkan terpal atau aquarium sebagai tempat hidupnya. Ukuran aquarium yang ideal berkisar 80 cm x 40 cm x 40 cm. Jika kamu memilih aquarium maka silahkan nantinya kamu beri eceng gondok bertujuan untuk membantu proses penetasan telur dan membuat si ikan lebih nyaman

3. Pakan Mas Koki

Pakan yang sangat direkomendasikan untuk ikan koki terdiri dari pakan hidup maupun tidak hidup. Untuk pakan hidup yakni cacing tanah, cacing darah, dapnia magna, serta udang air asin. Sedangkan pakan mati yakni pakan kering seperti pelet. Kamu juga bisa memberikan pakan beku seperti lobster beku, kepiting atau kerang beku. Jangan lupa juga kamu sediakan buah serta sayuran kepada ikan koki.

4. Cara Budidaya Ikan Koki

Jika kamu pemula, maka cara budidaya ikan koki dalam akuarium perlu kamu pahami betul. mengingat cara ternak ikan mas koki di kolam terpal dianggap masih tergolong sulit untuk pemula. Oleh karena itu berikut cara budidaya ikan koki di akuarium:

  • Siapkan Aquarium

Siapkan aquarium berukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 40 cm.

  • Pilih jenis ikan

Jika akan membudidayakan ikan koki maka silahkan kamu pilih jenis ikan yang kamu inginkan. Ada baiknya kamu sementara fokus pada salah satu jenis ikan dahulu

  • Bedakan indukan jantan dan betina

ikan mas koki bertubuh ramping, sedangkan ikan mas koki betina bertubuh bulat. Sirip ikan mas jantan memiliki bercak putih, sedangkan pada betina tidak memilikinya.

  • Mengawinkan indukan ikan

taruh indukan ikan koki pada akuarium yang sudah diberi eceng gondok berfungsi untuk memberikan rasa nyaman saat kawin serta untuk menaruh telur-telur nya.

  • Perawatan anakan ikan mas koki

Telur ikan yang sudah dibuahi akan menetas menjadi larva ikan dalam 2-4 hari. Jika terdapat telur yang tidak menetas silahkan kamu buang agar air tetap bersih.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Koki

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi dan menyebabkan kegagalan cara budidaya ikan mas koki ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Ketrampilan dalam perawatan tidak bisa diandalkan
  • tidak melakukan perencanaan yang matang
  • Kurang berpengalaman dalam pemilihan bibit maupun cara budidaya
  • Proses perkawinan antara ikan betina dan jantan yang kurang benar

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan Koki

Kategori

Harga

Sumber

Ikan koki mutiara aquascapeRp. 5.500/ekorhttps://shopee.co.id/ikan-koki-mutiara-aquascape-i.32456791.6543000606
Ikan koki oranda miniRp. 5000https://shopee.co.id/Ikan-koki-oranda-mini-i.32456791.4046078834
Ikan mas koki lowoRp. 3000https://shopee.co.id/Ikan-mas-koki-lowo-i.13207276.133191843

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *