Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Ikan Hias

2 min read

Cara budidaya ikan hias

Memelihara ikan hias merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress, fakta ini berdasarkan penelitian. Banyak orang yang mulai mencari tau cara memelihara ikan hias, baik sebagai penyalur hobi maupun sebagai sarana bisnis. Cara budidaya ikan hias juga tergolong mudah, asal ada kemauan dan mau belajar cara merawat ikan hias. Nonaternak juga suka sama ikan hias.

Jika Anda adalah pecinta ikan, mungkin artikel ini akan sangat membantu. Tidak semua cara memelihara ikan hias sama. Ada ikan hias yang cocok dipelihara dalam kolam, dan ada pula yang cocok dipelihara dalam akuarium. Semua tergantung keinginan Anda sebagai pemilik ikan. Baik dengan cara memelihara ikan di akuarium atau pun kolam sama-sama memiliki keunggulan. Kamu bebas memilih cara budidaya ikan hias yang mana.Cara Budidaya Ikan hias

Cara Budidaya Ikan Hias

Ikan memang sangatlah banyak jenisnya, tidak hanya untuk dimakan ikan juga bisa dipelihara. Cara ternak ikan hias dan cara merawat ikan hias pun berbeda setiap jenisnya. Ikan yang biasanya dipelihara itu berukuran lebih kecil. Nah dibawah ini beberapa informasi penting bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan hias :

1. Bibit Ikan Hias

Dalam memilih bibit ikan hias sendiri bisa dilakukan melalui pemijahan. Hal ini disesuaikan dengan usia dari ikan itu sendiri. Atau bisa dengan langsung membeli bibit dan memeliharanya dirumah. Bibit yang biasanya dibeli ini berupa larva yang berusia kurang lebih 1 minggu. Pembibitan ini merupakan salah satu cara memelihara ikan di akuarium.

Setelah satu minggu larva ini diberi makan dengan jentik nyamuk dan cacing sutera. Setelah larva menjadi benih, barulah dilakukan penyortiran. Penyortiran ini berfungsi untuk memisahkan ikan sesuai ukurannya dan jenis kelaminnya. Pemisahan berdasarkan jenis kelamin ini untuk memastikan cara pemeliharaan ikan hias baik dan tidak terjadi pemijahan dini.

2. Kolam Ikan Hias

Cara memelihara ikan hias dengan cara memelihara ikan di akuarium atau pun kolam akan menambah kesan sejuk dalam rumah. Ikan yang biasa dipelihara dalam akuarium adalah ikan tetra, guppy, dan juga discus. Ketiga ikan ini sangat cantik jika dilihat dalam akuarium. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan ini dalam akuarium, pastikan memiliki akuariumnya dulu ya.

Cara budidaya jenis ikan hias selanjutnya adalah memilih media pemeliharaan pastikan sesuai dengan jenis dan jumlah ikan yang akan dipelihara, jangan sampai terlalu banyak dan menjadi sesak. Pastikan untuk memberi pakan yang tepat serta rutinlah mengganti airnya. Hal ini sangat penting demi menjaga kebersihan akuarium dan juga kesehatan ikan-ikan hias itu sendiri.

3. Makanan Ikan Hias

Pemberian pakan pada peliharaan termasuk ke dalam cara budidaya ikan hias yang tidak boleh terlewatkan. Seperti yang diketahui bahwa makanan merupakan faktor penting dalam cara ternak ikan. Cara memelihara ikan di akuarium dengan baik adalah memberinya pakan rutin. Ini bertujuan agar ikan tidak kekurangan nutrisi dan cara merawat ikan hias bisa optimal.

Cara pemeliharaan ikan hias yang baik adalah memberi pakan berkualitas.Pakan ikan hias yang baik untuk pertumbuhan adalah jentik nyamuk, cacing sutera, dan juga kutu air. Untuk pakan buatannya sendiri terdapat beberapa macam seperti berbentuk tablet, ada pula pelet, dan juga flake. Anda juga bisa memberi makan ikan hias dengan sayuran seperti wortel, dan juga timun.

4. Cara Budidaya Ikan Hias yang Cepat Berkembang

Dalam pembudidayaan ikan hias, Anda harus tau bagaimana cara pemeliharaan ikan hias yang baik dan benar. Setelah memastikan kolam atau akuarium sesuai dengan jenis ikan hias yang dipelihara, selanjutnya tahap pemeliharaan. Pastikan media buatan tempat ikan tinggal itu aman dari bahan yang berbahaya.

Cara budidaya ikan hias ini memang harus disertai pengetahuan. Agar budidaya lancar pastikan Anda tahu mana ikan yang sehat dan mana yang tidak. Segera pisahkan ikan yang tidak sehat agar tidak menular ke ikan-ikan yang lainnya. Selain itu penting juga untuk memperhatikan arus air, ini berguna untuk melancarkan sistem pernapasan ikan itu sendiri.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Hias

Cara merawat jenis ikan hias tidak selamanya berjalan sesuai keinginan. Adakalanya beberapa orang mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, baik dari makanan, lingkungan ataupun lainnya. Semua itu kembali lagi kepada pemilik dalam menjaga ikan hias miliknya. Jika sudah begini banyak orang yang berusaha agar cara ternak ikan hias bisa menguntungkan.

Faktor yang paling banyak mengakibatkan kegagalan budidaya ikan hias adalah pemberian pakan. Banyak dari pemilik ikan hias menganggap remeh pakan yang kotor, padahal memberi pakan kotor pada ikan sangat berbahaya. Selain itu banyak banyak yang tidak memperhatikan kualitas airnya sehingga mengganggu pernapasan ikan.

6. Harga Ikan Hias

Setelah mengetahui cara budidaya ikan hias dan cara ternak ikan hias, selanjutnya saya akan ulas mengenai harga. Harga ikan hias juga berbeda sesuai dengan jenis ikan dan juga ukurannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui kisaran harga pasar dari ikan hias ini, berikut saya uraikan daftar harganya :

  • Cupang Rp35.000,-/ ekor
  • Guppy Rp20.000,-/ekor
  • Mas Koki Rp50.000,-/ekor
  • Ikan Koi Dewasa Rp200.000,-/ekor
  • Arwana Anakan Rp75.000,-/ekor
  • Louhan Dewasa Rp300.000,-/ekor
  • Discus Rp200.000,-/ekor

 

Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Umpan Ikan Tawes

Hendrasap
3 min read

Umpan Ikan Mujair

Hendrasap
2 min read

Umpan Ikan Gabus

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *