Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Discus

2 min read

cara budidaya ikan discus

Ikan discus merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari semua kalangan. Disebut discus karena memiliki bentuk tubuh pipih melebar menyerupai piringan atau disk. Dalam melakukan cara budidaya ikan discus sebaiknya harus dipahami betul agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Di artikel kali ini Nonaternak akan membahas seputar hal hal penting yang harus diperhatikan mengenai bagaimana tips ternak ikan discus yang baik dan benar.

Air! Air adalah aspek paling utama dalam cara budidaya ikan discus. Sebenarnya aktivitas utama dalam memelihara ikan discus bukanlah pada ikannya, tetapi pada airnya. Sehingga sebelum ke langkah selanjutnya, hal paling penting untuk pemula adalah memelihara air.cara budidaya ikan discus

Cara Budidaya Ikan Discus

Ikan discus adalah ikan yang memiliki sifat santai dan tenang dengan gerakan agak lambat, akibatnya ikan tersebut dinobatkan sebagai raja aquarium. Discus memiliki ukuran yang relatif kecil karena diameter terbesar nya saja hanya 15 cm. cara budidaya ikan discus tergolong mudah. Ada beberapa hal yang harus dicermati saat melakukan budidaya ikan tersebut, yaitu:

1. Pemilihan Bibit Ikan Discus

Dalam melakukan budidaya ikan discus, bibit merupakan hal terpenting dalam melakukan budidaya karena bibit merupakan faktor kunci demi dihasilkannya keturunan yang berkualitas. Untuk menghasilkan bibit yang bagus, cara pemijahan ikan discus di kolam juga harus diperhatikan.

Ciri ciri bibit yang baik untuk digunakan dalam cara budidaya ikan discus, yaitu:

  1. Bibit diperoleh dari indukan dengan umur kurang lebih satu tahun.
  2. Memiliki gerakan yang lincah dan tenang.
  3. Sifat agresif dimiliki oleh bibit yang berkualitas
  4. Nafsu makan bibit ikan discus tinggi dan memiliki kondisi tubuh yang sehat.
  5. Sisik pada bibit ikan discus tidak mengelupas.

Perlu diketahui jenis jenis bibit dan indukan dari ikan discus ini sangat bervariasi, misalnya jenis red ribbon (hampir semua warna tubuh merah), checker board pigeon (memiliki corak tubuh putih dan merah), gold yellow (memiliki warna kuning emas pada bagian tubuh dan di ekornya berwarna agak gelap) serta masih banyak lagi jenis yang lain.

2. Aquarium Ikan Discus

Untuk tempat tinggal ikan discus sebaiknya ditempatkan di aquarium agar terlihat pesona keindahannya mengingat ikan ini adalah ikan hias. Budidaya ikan discus di akuarium ternyata sangat mudah. Adapun syarat minimalnya ya harus punya aquarium dong. Namun, jika Kamu tidak punya aquarium, Kamu bisa membuatnya sendiri lho.

Berikut ini adalah cara ternak ikan discus di akuarium dalam pembuatan aquariumnya:

  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan yang terdiri dari lem kaca, kaca, pemotong kaca, hiasan, dan penggaris.
  2. Buat desain aquarium yang diinginkan. Bentuk desain yang umum digunakan adalah bentuk persegi panjang. Adapun untuk ukurannya, sebenarnya tergantung dari jumlah ikan yang hidup di dalamnya. Untuk 4 ikan discus ukuran aquarium dapat berkisar 30 cm x 50 cm x 65 cm.
  3. Jika sudah, potong kaca dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya.
  4. Setelah itu lapisi lem kaca pada bagian tepinya. Lalu rekatkan dan bentuk dengan desain yang sudah ditentukan.
  5. Selanjutnya Kamu dapat mengecek apakah aquarium bocor atau tidak. Jika bocor Kamu dapat menambah lem pada bagian yang bocor tersebut.
  6. Seandainya dirasa aquarium tidak bocor, maka dapat lanjutkan dengan pengisian air dan memberi hiasan seperti tanaman air.
  7. Aquarium sudah jadi!

3. Pakan Ikan Discus

Pada dasarnya, ikan discus adalah ikan yang memiliki nafsu makan yang normal sehingga pemberian pakan harus diperhatikan secara seksasma. Saat melakukan cara budidaya ikan discus, pakan yang diberikan harus bertahap dengan dosis yang menyesuaikan tergantung dari jumlah ikannya. Pola makan dapat dilakukan tiga kali sehari yang terdiri dari siang, sore, dan pagi.

Jika Kamu masih pertama kali melakukan budidaya ikan discus, maka jangan khawatir karena di artikel ini akan disajikan mengenai cara memelihara ikan discus bagi pemula dari segi jenis pakan. Adapun jenis makanan yang dapat diberikan yakni planton, zooplankton, pelet, dan takari.

4. Cara Budidaya Ikan Discus

Dalam melakukan ternak ikan dicus, proses pemeliharaan harus dilakukan dengan maksimal agar ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara memelihara ikan discus bagi pemula tidak sulit kok, asal kan mau mencoba dan telaten. Tahapan pemeliharaan dilakukan mulai dari seleksi bibit yang layak untuk dibudidayakan, cara pemijahan ikan discus di kolam, pemberian pakan, dan pembuatan aquarium.

Jika ada ikan yang sakit sebaiknya segera diberikan perawatan intensif agar ikan tidak mati, salah satu caranya adalah dengan memberikan vaksin atau obat. Adapun obat dan vaksin yang dapat diberikan yakni larutan formalin untuk menghilangkan kutu atau jamur, acriflavin, malachite green, dan lain lain.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Discus

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cara ternak ikan discus di akuarium tidak berhasil. Faktor tersebut salah satunya disebabkan karena terjadi wabah penyakit yang menyebabkan ikan mati, kondisi aquarium kotor sehingga tumbuh jamur atau sejenisnya yang dapat mengganggu kesehatan si ikan.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan Discus

Kelompok hargaHarga Ikan Discus (Rp)Sumber
Ikan Discus ukuran 2 inch jenis pigeon75.000Discus Cibinong
Ikan Discus ukuran 3,5 inch dengan jenis pigeon, turquish, dan leopard.

 

250.000Discus Cibinong
Ikan hias discus jenis green ukuran 5 cm40.000Discus Cibinong

Harga tersebut dipengaruhi oleh jenis ikan discus yang dijual, umur ikan discus, dan pangsa pasar terkini.

Demikian artikel mengenai cara budidaya ikan discus. Semoga dapat dijadikan referensi!

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ikan Oscar

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Ikan Guppy

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *