Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Ikan Bandeng

2 min read

Cara budidaya ikan bandeng

Banyak masyarakat Indonesia termasuk Anda menggemari ikan bandengKelembutan daging serta kelezatan rasanya ini mampu membuat siapa saja tertarikTidak jarang juga sebagian dari Anda tertarik dengan cara budidaya ikan bandeng. Nah, Nonaternak akan memberikan sedikit gambaran tentang ini. 

Tingginya minat masyarakat terhadap ikan bandeng ini tidak sebanding dengan budidayanya. Belum banyak yang melakukan cara budidaya ikan bandeng. Habitat asli dari ikan bandeng adalah berada di air payau, akan tetapi bandeng juga bisa dibudidayakan di air tawar. Hal tersebut tentunya dapat membuat masyarakat dapat menikmati ikan bandeng dengan lebih mudah. Cara Budidaya Ikan Bandeng

Cara Budidaya Ikan Bandeng

Bagi orang yang tinggal jauh dari pantai, melakukan budidaya ikan bandeng menjadi hal yang susah. Namun sekarang memelihara ikan bandeng bisa dilakukan di air tawar. Maka dari itu, berikut di bawah ini adalah cara budidaya ikan bandeng.

1. Bibit Bandeng Air Tawar

Untuk cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar tentunya harus menentukan benih yang mana sangat berpengaruh terhadap ikan bandeng. Periksa kecacatan pada bagian tubuh ikan bandeng serta pergerakan benih ikan. Hal yang terpenting adalah pastikan ikan bebas dari hama dan sehat. 

Benih yang ideal untuk ikan bandeng air tawar memiliki ukuran satu sampai dua inci. Jika Anda masih ragu benih yang pas seperti apa, bisa tanyakan kepada penjual benih dan meminta untuk memilih yang baik. Ketika membeli benih, letakkan pada wadah plastik bersih dengan tambahan angin atau udara. Menggunakan wadah bak juga bisa Anda lakukan. 

2. Kolam Budidaya Ikan Bandeng 

Hal yang tak kalah penting serta menjadi cara memelihara ikan bandeng adalah membuat kolam bandeng. Banyak orang yang menggunakan metode ternak bandeng kolam terpal. Budidaya ikan bandeng di kolam terpal ini harus berada di suhu sekitar 26 sampai 32 derajat celcius. Lokasi kolam harus jauh dari area industri atau tempat tinggal penduduk. 

Budidaya ikan bandeng di kolam terpal harus jauh dari jangkauan hewan liar serta bebas limbah, sehingga kolam budidaya menjadi bersih. Untuk melakukan ternak bandeng kolam terpal membutuhkan kolam untuk pembesaran yang mampu menampung 100 ekor ikan. 

3. Pakan Ikan Bandeng agar Cepat Besar

Setelah pada poin sebelumnya membahas pembuatan media ternak bandeng kolam terpal, saatnya untuk membahas pakan ikan bandeng. Pemberian pakan kepada ikan bandeng ini dilakukan dua kali satu hari yaitu pagi dan sore hari. Jenis pakan bandeng yang tepat adalah pelet yang sudah dihaluskan bagi benih bandeng. 

Jika benih sudah tumbuh besar bisa langsung diberikan pakan berupa pelet yang tidak perlu dihaluskan. Ada takaran yang harus diberikan dalam pemberian pakan ikan bandeng yaitu pada awal budidaya ikan bandeng diberi dosis sekitar 5 persen dari berat ikan. Periode berikutnya meningkat 15% lalu hingga ke 25% dari bobot ikan. 

4. Cara Budidaya Ikan Bandeng agar Cepat Besar

Budidaya ikan bandeng di kolam terpal juga perlu perawatan. Hal yang penting diberikan kepada bandeng saat umur 27 hari adalah prebiotik. Cara tersebut merupakan cara memelihara ikan bandeng agar lekas besar yang dilakukan banyak orang. 

Perbandingan pemberian prebiotik adalah dua banding satu. Anda juga bisa memberikan pupuk kandang kepada ikan bandeng. Cara membudidayakan ikan bandeng ini perlu dilakukan jika ingin tumbuh besar. 

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Ikan Bandeng 

Setiap hal yang Anda lakukan tentu akan mengalami kegagalan terutama dalam beternak ikan bandeng. Cara membudidayakan ikan bandeng yang salah justru akan membuat Anda gagal panen. Biasanya yang mempengaruhi kegagalan panen adalah musim kemarau berkepanjangan. 

Tidak hanya itu, suhu dingin dapat mempengaruhi gagalnya cara memelihara ikan bandeng agar cepat besar. Maka dari itu Anda harus menentukan waktu yang cepat agar cara budidaya ikan bandeng agar cepat besar ini berhasil dilakukan. 

6. Harga Ikan Bandeng 

Cara membudidayakan ikan bandeng yang benar tentu akan memberikan hasil yang sebanding. Tidak jarang di pasaran sendiri ikan bandeng segar dijual dengan harga per kilogramnya Rp. 60.000. Untuk harga bandeng presto bisa meningkat sekitar Rp. 80.000 setiap kilogramnya. Untuk itu, Anda harus menerapakan cara budidaya ikan bandeng di atas dengan baik dan benar. 

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Ikan Oscar

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Ikan Guppy

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *