Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Daphnia Magna

2 min read

cara budidaya daphnia magna

Daphnia magna ialah kutu air berukuran besar yang digunakan untuk pakan benih ikan maupun jenis ikan hias. Protein yang terdapat dalam kutu air mencapai 66% serta lemak sebesar 6%. Oleh karena itu sangat cocok bagi benih ikan yang masih dalam proses pertumbuhan. Cara budidaya Daphnia magna ini sangat mudah untuk dikembangkan diantara jenis yang lain.

Jenis kutu ini termasuk dalam keluarga crustacean dengan ordo caldocera, dimana merupakan jenis udang renik. Nah kali ini Nonaternak akan membahas tentang cara mengembangbiakkan Daphnia Magna. Kamu bisa melakukan cara budidaya Daphnia Magna ini untuk kebutuhan sendiri ataupun usaha.

cara budidaya daphnia magna pakan ikan di kolam

Cara Budidaya Daphnia Magna

Dapnia magna memiliki tubuh lonjong pipih dengan ukuran 1 – 5 mm serta memiliki warna tubuh yang cokelat kemerahan. Bagian kepala memiliki dua antena dan ekor yang lancip, kutu ini banyak ditemui pada perairan air tawar seperti danau, waduk, rawa kolam maupun sungai. Untuk bibit Daphnia bisa kamu temukan pada balai benih ikan air tawar yang bisa kamu kembangkan dalam berbagai media seperti fiber dan kolam. Berikut cara budidaya Daphnia magna!

1. Pemilihan Bibit Daphnia Magna

Jika kamu ingin memiliki bibit yang unggul dan berkualitas maka disarankan untuk kamu benar-benar dapat melihat kriteria bibit seperti apa saja yang unggul. Ada beberapa kriteria pemilihan bibit yang bagus untuk kamu pilih. Berikut cara memilih bibit yang unggul :

  • Patikan bibit berasal dari indukan yang sehat, dan aktif terhadap lingkungan
  • Memiliki tubuh yang normal dengan tidak ada cacat
  • Kamu dapat mendapatkan bibit Daphnia magna pada Balai benih Ikan Air tanah (BBAT)

Pada umumnya, kutu air atau yang memiliki nama ilmiah Daphnia magna ini umumnya berwarna coklat kemerahan. Nah kamu dapat mendapatkannya dengan memanfaatkan jaring yang halus untuk mengambilnya dari permukaan air.

2. Tempat Budidaya Daphnia Magna

Cara ternak daphnia magna tanpa bibit bisa kamu terapkan asal menggunakan metode atau cara yang benar. Hidup kutu air jenis ini ialah menggerombol serta mengambang di permukaan air. Untuk tempat budidaya Daphnia magna kamu dapat memanfaatkan berbagai media ya seperti misal wadah fiber maupun kolam. Untuk cara kultur daphnia di kolam terpal juga disarankan.

Kolam yang digunakan lebih baik kolam tanah atau kolam semen yang menggunakan dasaran tanah. Alangkah lebih baiknya jika luas kolam tidak terlalu besar ya tujuannya agar memudahkan kamu dalam hal perawatan. Sebelumnya silahkan kamu kasih kapur dasaran kolam tersebut agar menetralkan pH tanah serta menekan organisme patogen ya.

3. Pakan Daphnia

Pakan Daphnia magna ialah sangat mudah untuk dicari. Ada empat jenis varian pakan untuk kutu air atau Daphnia magna. Berikut empat varian makanan atau pakan kutu air Daphnia magna yakni:

  • Ampas kelapa yang sudah digiling kecil.
  • Ampas kelapa yang difermentasikan menggunakan E4
  • Ampas kelapa yang difermentasikan menggunakan ragi
  • Selain itu pakan kutu air biasa.

Semua jenis pakan ini bisa kamu buat sendiri lho, sehingga kamu perlu menyiapkan bahan-bahan saja seperti ampas kelapa, E4 maupun ragi. Nah, pakan untuk kutu air atau Daphnia magna yang menurut nya paling bagus ialah amplas kelapa yang di fermentasikan menggunakan ragi roti ya.

4. Cara Budidaya Daphnia Magna

Cara budidaya kutu air ini tergolong cukup mudah kok. Berikut tahapan atau cara budidaya kutu air raksasa Daphnia Magna yakni:

  • Keringkan dasar kolam dengan menjemur nya 2 – 3 hari. Lakukan pengapuran dengan dosis 1 – 2 kg/m2
  • Silahkan tambahkan pupuk untuk menumbuhkan plankton sebagai makanan
  • Genangi kolam dengan air bersih sedalam 30 cm lalu diamkan lagi 2 – 4 hari
  • Penuhi kolam tersebut dengan air hingga ketinggian 50 – 60 cm
  • Kolam siap ditebari dengan bibit Daphnia. Jika air kolam berwarna kemerahan menandakan kutu air telah berkembang

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya

Jika kamu mendirikan suatu usaha atau bisnis maka pasti tidak bisa terlepas dengan rasanya jatuh bangun hingga sampai sukses. Nah untuk itu maka wajib kamu mengetahui apa saja penyebab budidaya Daphnia magna ini kok bisa mengalami kegagalan. Berikut beberapa penyebab kegagalan yang perlu kamu simak, yakni :

  • Kamu tidak menguasai bagaimana proses pembibitan yang baik dan benar
  • Perawatan yang tidak sesuai dengan jenis Daphnia magna sehingga malah bisa menghambat kesuksesan suatu usaha
  • Pemberian pakan kutu air yang tidak rutin sehingga proses pertumbuhan si Daphnia ini terganggu
  • Proses tebar benih yang tidak sesuai sehingga serta media yang kurang menunjang.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Daphnia Magna

Harga bibit serta harga jual kutu air atau Daphnia magna ini mungkin berbeda di wilayah kamu. Namun semoga harga-harga yang disajikan ini bisa kamu jadikan referensi ya.

KategoriHargaSumber
Daphnia Magna /kutu air jumbo, 120 gramRp. 15.000https://www.tokopedia.com/guppymalang/daphnia-magna-kutu-air-jumbo?whid=0
Daphnia Magna 150-250 EkorRp. 9500https://www.tokopedia.com/tokopan/daphnia-magna-150-250-ekor-kutu-air-raksasa-dm-pakan-ikan-cupang?whid=0
Daphnia Magna 1200 EkorRp. 49.000https://www.tokopedia.com/microlifestock/pakan-cupang-daphnia-magna-1200-ekor-kutu-air-raksasa?whid=0

Demikian ulasan mengenai cara budidaya Daphnia magna yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengembangkan usaha atau bisnis kamu ya. Semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *