Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Cacing Sutra

2 min read

cara budidaya cacing sutra

Siapa yang tidak kenal dengan cacing sutra. Cacing yang hidup berkoloni atau berkelompok ini sangat banyak sekali manfaatnya. Sehingga tidak sedikit orang yang banyak beternak hewan kecil yang satu ini. Cara budidaya cacing sutra sendiri sangat mudah sekali untuk dilakukan. Sehingga menurut Nonaternak, ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mencobanya.

Cacing sutra sendiri akhir-akhir ini banyak sekali diminati oleh para peternak cacing. Selain mudah untuk dibudidayakan, manfaat dari cacing sutra sendiri banyak sekali. Sehingga banyak orang yang mencari cacing sutra, dan hal tersebut banyak dimanfaatkan oleh para peternak cacing untuk meraih keuntungan dengan cara budidaya cacing sutra.Cara Budidaya Cacing Sutra

Cara Budidaya Cacing Sutra

Bagi yang ingin beternak cacing ini, maka berikut adalah informasi lengkap mengenai cara ternak cacing sutra yang bisa dilakukan. Adapun informasi lengkap mengenai cara budidaya cacing sutra adalah sebagai berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Cacing Sutra

Sebelum ke cara beternak cacing sutra, maka langkah yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit cacing sutra. Bibit cacing sutra sendiri haruslah dari bibit yang berkualitas dan harus mempunyai daya tahan yang lama. Ciri bibit cacing sutra yang berkualitas ditandai dengan cacing yang mempunyai gumpalan rambut yang bergerak-gerak dengan pergerakan cepat. Setelah bibit ditemukan, maka cara beternak cacing sutra pun sudah bisa dilakukan. Cara beternak cacing sutra lebih lengkapnya akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

2. Media Cacing Sutra Yang Baik

Bagi yang ingin budidaya cacing sutra, maka media yang baik dijadikan budidaya adalah menggunakan nampan, akuarium atau dengan membuat kolam terpal. Ke tiga media tersebut dipercaya merupakan media yang sangat baik digunakan untuk budidaya cacing sutra.

Selain itu, dengan menggunakan salah satu dari media tersebut, maka budidaya cacing pun akan banyak atau bisa dikatakan tingkat keberhasilan sangat tinggi. Maka dari itu, kebanyakan para peternak cacing sutra menggunakan salah satu dari tiga media tersebut. Dengan menggunakan media tersebut cara ternak cacing sutra pun akan mudah untuk dilakukan.

3. Pakan Cacing Sutra agar Cepat Berkembang

Cara ternak cacing sutra yang selanjutnya adalah pemberian pakan. Cacing sutra sendiri haruslah diberikan pakan yang bergizi. Hal tersebut agar cacing sutra bisa tumbuh dengan cepat dan besar. Pakan yang bisa diberikan pada cacing sutra sendiri antara lain adalah bahan organic yang sudah di fermentasikan terlebih dahulu. Selain itu, beri juga makanan tambahan seperti ampas tahu. Agar cacing sutra bisa melimpah selama panen, maka berilah juga tambahan makanan berupa kotoran ayam yang sebelumnya sudah di fermentasikan terlebih dahulu.

4. Cara Budidaya Cacing Sutra berbagai Media

Cara ternak cacing sutra sendiri bisa dilakukan di beberapa media yang berbeda yakni bisa dilakukan pada media nampan, akuarium dan kolam terpal. Dengan media yang berbeda, tentunya cara budidayanya pun berbeda juga. Adapun cara budidaya cacing sutra media nampan sangat mudah untuk dilakukan. Yakni dengan cara menyusun nampan di rak dengan posisi bertingkat agar pengairan saling terhubung antara nampan yang satu dengan nampan yang lainnya. Budidaya cacing sutra media nampan ini sendiri dipercaya merupakan budidaya yang paling mudah untuk dijalankan. Sehingga budidaya cacing sutra media nampan sendiri sangat banyak dipilih oleh para peternak.

Selain dengan nampan, cara budidaya cacing sutra di akuarium pun sangat mudah untuk dilakukan. Cara budidaya cacing sutra di akuarium ini sendiri menjadi cara ke dua yang banyak dilakukan oleh para peternak. Adapun mengenai caranya yakni berilah akuarium pupuk dengan menggunakan ampas tahu atau pupuk juga. Jika akuarium sudah diberi pupuk, setelah itu masukkan air dengan ketinggian kurang lebih 5 cm lalu diamkan akuarium selama 3 atau 4 hari. Jika sudah didiamkan, bibit cacing sutra pun bisa langsung di masukkan ke dalam akuarium. Dengan melakukan cara budidaya cacing sutra di akuarium maka hasil panen pun akan jauh lebih banyak.

Cara budidaya cacing sutra di kolam terpal adalah yang terakhir. Untuk budidaya cacing sutra di kolam terpal, buatlah kolam dengan menggunakan terpal seluas 20 sampai 60 m2. Setelah itu isilah dengan air yang berlumpur lalu diamkan selama beberapa hari. Jika sudah didiamkan selama beberapa hari, maka kolam pun sudah siap disebar benih cacing sutra. Budidaya cacing sutra di kolam terpal sendiri jauh lebih besar hasil panennya. Sehingga para petani yang mempunyai lahan lebih luas, akan menggunakan cara ini ketimbang dua cara di atas.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Cacing Sutra

Meskipun cara ternak cacing sutra sangatlah mudah, namun tentu saja ada beberapa factor yang bisa menyebabkan kegagalan dan budidayanya. Terlebih bagi pemula yang ingin membudidayakan cacing sutra sendiri, kegagalan dalam membudidayakannya akan lebih besar terjadi.

Adapun factor-faktor yang bisa menyebabkan kegagalan dalam budidaya cacing sutra diantaranya adalah munculnya hama yang menyerang cacing sutra sendiri. Hama yang banyak menyerang cacing sutra adalah katak dan semut. Ke dua jenis hewan tersebut paling banyak menyerang cacing sutra sehingga mengakibatkan cacing sutra gagal panen.

6. Daftar Harga Cacing Sutra

Pada umumnya, cacing sutra sendiri dijual dengan harga yang relative terjangkau. Di pasaran sendiri cacing sutra dijual dengan beberapa bentuk ada yang dalam bentuk beku atau per liter. Baik dalam bentuk beku maupun per liter di bandrol dengan harga Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *